Relawan Demokrasi Kabupaten Semarang Wajib Sasar Warganet dan Penyandang Disabilitas

Lima puluh lima Relawan Demokrasi Kabupaten Semarang menjalani pembekalan pada Senin (22/1/2019) sejak pukul 8.00 di Gedung KPU Kabupaten Semarang.

Relawan Demokrasi Kabupaten Semarang Wajib Sasar Warganet dan Penyandang Disabilitas
TRIBUN JATENG/AMANDA RIZQYANA
Lima puluh lima orang terpilih sebagai Relawan Demokrasi Kabupaten Semarang 2019 dan menjalani pembekalan di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang pada Senin (22/1/2019) sejak pukul 8.00. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Amanda Rizqyana

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Lima puluh lima Relawan Demokrasi Kabupaten Semarang menjalani pembekalan pada Senin (22/1/2019) sejak pukul 8.00 di Gedung Komisi Pemilih Umum (KPU) Kabupaten Semarang.

Menurut keterangan Maskup Mutarlih selaku Ketua KPU Kabupaten Semarang, penetapan 55 Relawan Demokrasi telah dilakukan pada Kamis (17/1/2019) dari 130 orang yang mendaftarkan diri.

"Setelah terpilih sebagai Relawan Demokrasi, dilakukan pembekalan karena mulai pekan ini mereka dituntut untuk melaksanakan kegiatan kaitannya dengan sosialisasi sebagai tugas dari relawan demokrasi ini agar menyampaikan kepada masyarakat sesuai dengan basis di mana dia mendaftar," terang Maskup.

Palsukan Tanda Tangan Tumiyem di Akta Jual Beli Rumah, Tukiyem Divonis 10 Bulan Penjara

Maskup menambahkan, terdapat sebelas basis pada Relawan Demokrasi, yakni basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis marginal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet, dan basis relawan demokrasi.

Terdapat tiga basis baru dalam Relawan Demokrasi 2019 yang tidak terdapat pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, yakni basis warga internet, basis penyandang disabilitas, dan basis pemilih berkebutuhan khusus.

Tugas mereka ialah menyampaikan tahapan-tahapan terutama penyampaian pelaksanaan Pemilu serentak 2019 agar partisipasi masyarakat untuk hadir lebih tinggi dibanding pada Pemilu 2014.

Maskup menargetkan partisipasi pemilih minimal 77,5%.

Selain pembekalan, para relawan juga diminta membuat program kerja semenarik mungkin pada pembekalan ini.

‎Terus Diguyur Hujan Deras, Empat Titik di Desa Karangwuni Pringsurat Temanggung Longsor

Ia pun berharap program kerja yang telah disusun dapat dilaksanakan di masing-masing basis relawan demokrasi yang telah ditetapkan.

Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2018, penyelenggaran Pemilu, termasuk di dalamnya ialah Relawan Demokrasi ditekankan untuk bersikap netral.

Relawan Demokrasi dituntut adil pada semua peserta Pemilu 2019. Mereka diberikan bekal netralitas dan profesionalitas dalam menjalankan tugas kaitannya dengan demokrasi.

Mereka mulai bekerja sejak 17 Januari 2019-17 April 2019. (*)

Penulis: amanda rizqyana
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved