Ini Penjelasan Mengapa Mobil Keluaran Terbaru Tak Perlu Dipanaskan Sebelum Jalan

Perlu diketahui bahwa mobil keluaran terbaru sudah tidak lagi harus memanaskan mesin sebelum mulai jalan

Ini Penjelasan Mengapa Mobil Keluaran Terbaru Tak Perlu Dipanaskan Sebelum Jalan
Wikipedia
Ilustrasi mesin mobil 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Perlu diketahui bahwa mobil keluaran terbaru sudah tidak lagi harus memanaskan mesin sebelum mulai jalan.

Alasan utama, teknologi yang tersemat sudah lebih canggih dibandingkan model dahulu.

Seperti dijelaskan Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat.

Menurut dia, mobil generasi Fuel Injection yang sudah didukung oleh Computerized tidak perlu lagi ada pemanasan, apalagi sampai diinjak gas dalam-dalam.

"Hanya akan membuang-buang bahan bakar saja, karena teknologi mobil zaman sekarang tidak lagi menggunakan karburator," ucap Sapta kepada Kompas.com belum lama ini.

Sapta melanjutkan, mesin mobil sekarang ini sudah tersedia Valve Adjuster yang menahan oli tidak langsung turun ke penampungan (carter) sehingga saat mesin bekerja, oli bisa langsung melumasi bagian mesin. 

Belum lagi, oli dari carter tersebut bisa lebih cepat naik ke mesin karena didukung teknologi oil pump dan oli sekarang pun memiliki viskositasnya lebih baik.

"Jadi untuk menghidupkan mesin, sekarang ini sudah didukung oleh sensor-sensor, seperti temperatur lingkungan, temperatur oli, dan sebagainya sehingga komputer bisa langsung menghitung campuran bahan bakar yang tepat untuk bisa menghidupkan mesin," ujar Sapta.

Dilansir Tribunjateng.com dari Kompas.com, Service Manager Honda Megatama Kalimalang, Arif Dedy, mengungkapkan, kendaraan baru tetap membutuhkan pemanasan sebelum digunakan, namun waktu yang diperlukan cukup singkat. Ini karena rancangan mesin, teknologi, serta oli saat ini sudah berkembang agar dapat digunakan dengan segera.

“Mobil baru tetap perlu dipanaskan sebelum digunakan. Bedanya dengan mobil jadul adalah waktu yang dibutuhkan mobil baru cukup singkat. Saat ini teknologi mesin sudah mampu siap digunakan dengan segera,” ujarnya 

Beberapa cara mobil jadul yang masih sering dilakukan saat memanaskan adalah menginjak pedal gas berulang-ulang. Hal ini pada mobil baru malah hanya menyebabkan boros bahan bakar.

Arif mengatakan, teknologi kendaraan saat ini menggunakan idle up yakni sensor mesin akan menaikkan putaran mesin dengan sendirinya untuk segera mencapai suhu optimal.

Jika sudah tercapai maka putaran mesin akan menurun dengan sendirinya. Hal ini berlangsung cukup singkat agar kendaraan dapat segera digunakan.

“Pada kendaraan modern tidak perlu menginjak gas selama proses memanaskan mesin. Cukup biarkan mesin bekerja dengan sendirinya. Mesin akan segera menaikkan putaran mesin untuk mencapai suhu optimum dan menurunkan putaran mesin jika suhu optimum sudah tercapai,” ujar Arif.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil "Zaman Now" Enggak Perlu Dipanaskan Sebelum Jalan"

Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved