Kampus Pertama di Indonesia, UNS Solo Miliki Tempat Ibadah 6 Agama

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengklaim sebagai kampus pertama di Indonesia yang menyediakan tempat ibadah untuk 6 agama.

Kampus Pertama di Indonesia, UNS Solo Miliki Tempat Ibadah 6 Agama
ISTIMEWA
Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi melakukan peletakan batu pertama pembangunan kelenteng "Sinar Kebajikan" Kongchu Bio di kompleks kampus, Kamis (24/1/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengklaim sebagai kampus pertama di Indonesia yang menyediakan tempat ibadah untuk 6 agama.

Selain ada masjid, pura, vihara, dan gereja, pada Kamis (24/1/2019), UNS melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan kelenteng.

Tempat ibadah bagi umat Konghucu tersebut dibangun berdekatan dengan vihara, gereja dan pura di dalam kompleks kampus Jalan Ir Sutami Nomor 36A Pucangsawit Kecamatan Jebres.

Kelenteng itu dinamai "Sinar Kebajikan" Kongchu Bio.

Rektor UNS Surakarta Prof Dr Ravik Karsidi menjelaskan, pembangunan kelenteng merupakan perwujudan UNS sebagai kampus Benteng Pancasila dan toleransi antarumat beragama.

Pembangunan kelenteng yang ditargetkan selesai Maret 2019 tersebut menggunakan dana sumbangan dari Komunitas Tionghoa Solo senilai Rp 700 juta.

"Mudah-mudahan dalam waktu 3 bulan ke depan selesai pembangunannya. Tidak terlalu besar ukurannya 10 x 10 meter persegi," kata Prof Ravik, Kamis (24/1/2019) sesuai yang dilansir dari Kompas.com.

Menurut Prof Ravik, konsep pembangunan kelenteng sama seperti pembangunan tempat ibadah yang dilakukan UNS sebelumnya.

UNS menyerahkan pembangunan tempat ibadah itu kepada umat.

"Polanya sama seperti sebelumnya. Kami tidak membangun sendiri, tetapi menyerahkan pembangunan kepada umat," jelasnya.

Halaman
12
Editor: deni setiawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved