Nyengkuyung Bangun Kota Semarang, Tia Hendi Luncurkan SIM PKK

Berpartisipasi aktif membangun Kota Semarang, Ketua TP PKK Kota Semarang, Tia Hendi resmi melaunching aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK

Nyengkuyung Bangun Kota Semarang, Tia Hendi Luncurkan SIM PKK
ISTIMEWA
Berpartisipasi aktif membangun Kota Semarang, Ketua TP PKK Kota Semarang, Tia Hendi resmi melaunching aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Berpartisipasi aktif membangun Kota Semarang, Ketua TP PKK Kota Semarang, Tia Hendi resmi melaunching aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK bertempat di Ruang Lokakrida Lantai 8, Gedung Moch. Ihsan, Senin(21/1).

Tia didampingi Wakil Walikota Hevearita G. Rahayu melaunching aplikasi SIM PKK dihadapan ratusan kader PKK Kota Semarang. Launching ini dilakukan bersamaan dengan Rapat Konsultasi (Rakon) PKK Kota Semarang. 

Dalam Rakon dilaporkan pula kegiatan dan evaluasi program PKK Kota Semarang tahun 2018.

Dengan dilaunchingnya SIM PKK ini, diharapkan akan terhimpun berbagai data secara sistematis dari seluruh kelompok dasa wisma se-Kota Semarang.

SIM PKK diharapkan mampu memberikan data dan informasi terkait pelaksanaan 10 program PKK secara cepat, akurat dan menyeluruh mulai dari tingkat dawis.

Data ini akan terintegrasi melalui sistem untuk dapat dimanfaatkan mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kota hingga pusat.

”Saya berharap seluruh kader PKK baik di kecamatan dan kelurahan sebagai garda terdepan PKK Kota Semarang dapat semakin optimal di tahun 2019 dan melanjutkan sinergitas yang telah terjalin baik dengan jajaran OPD Kota Semarang’ ungkap Tia Hendi.

Data yang terhimpun selanjutnya dapat dijadikan dasar pengambilan kebijakan dan program oleh berbagai OPD Pemerintah kota Semarang.

Dengan demikian, program dan kebijakan yang diambil akan semakin tepat sasaran sesuai kebutuhan warga masyarakat.

Sejumlah data yang terekam aplikasi SIM PKK di antaranya data rumah sehat dan tidak sehat, data kelahiran, kematian, ibu hamil, nifas, data pendidikan, data jaminan kesehatan dan lainnya.  

Bersamaan dengan launching program SIM PKK ini, dilaksanakan pula sosialisasi dan pelatihan langsung yang diikuti oleh ketua beserta kader PKK Kecamatan se-Kota Semarang.

Sebagai pengguna aplikasi, diharapkan para kader dapat secara lengkap melakukan pengisian, pendataan dan pelaporan melalui aplikasi ini. Untuk pendataan dan pengisian, para kader dapat mengakses sisfo.pkk. semarangkota.go.id.  

Sementara Wali kota Semarang, Hendrar Prihadi, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Walikota menyampaikan bahwa PKK dan Pemerintah kota Semarang merupakan dua sejoli yang saling mengisi.

Kerja sama yang sinergis ini, menurut Hendi, telah ikut menghantarkan Kota Semarang mampu menyelesaikan lebih dari 2.000 kegiatan dan meraih 47penghargaan tingkat provinsi dan nasional.

Ke depan, diharapkan PKK semakin eksis dan maksimal mengawal berbagai program Pemerintah kota Semarang khususnya masalah pemberdayaan perempuan, keluarga, kesetaraan gender dan lainnya. (*) 
 

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved