Sejumlah PPK dan PPS di Temanggung Mengundurkan Diri, Ini Respon KPU

Beberapa panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) tingkat desadi Temang‎gung, mengundurkan diri dengan beragam alasan.

Sejumlah PPK dan PPS di Temanggung Mengundurkan Diri, Ini Respon KPU
tribunjateng.com/galih permadi
LOGO Komisi Pemilihan Umum (KPU) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Yayan Isro' Roziki

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - Beberapa panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa, yang ada di Temang‎gung, mengundurkan diri dengan beragai alasan.

Demikian disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Temanggung, Henry Sofyan Rois, Selasa (29/1/2019).

"Iya, ada beberapa yang mengundurkan diri, mayoritas karena beralasan tidak mampu menjalankan tugas secara baik," katanya, melalui layanan pesang singkat WhatsApp (WA).

Terkait Tabloid Indonesia Barokah, Polres Temanggung: Belum Ada Landasan Hukum Tepat Untuk Menyita

Dituturkan lebih lanjut, sebagian mereka beralasan tak mampu menjalankan tugas secara baik, karena pekerjaan utama mereka saat ini telah begitu menyita waktu dan menguras tenaga.

Selain itu, ada pula yang berlasan karena diterima calon pegawai negeri sipil (CPNS) di wilayah lain, maupun pindah domisili ke luar kota.

Disebutkan Henry, mereka yang mengundurkan diri di antaranya anggota PPK Gemawang. Lalu, beberapa anggota PPS empat desa di Kecamatan tersebut.

‎"Selanjutnya, satu PPS di Kecamatan Temanggung, satu PPS di Kecamatan Kledung, satu PPS di Kecamatan Selopampang, dan satu PPS di Kecamatan Pringsurat," ujar Henry.

Menurutnya, beberapa anggota PPS di luar Kecamatan Gemawang telah dilakukan penggantian antarwaktu beberapa hari kemarin. Sementara, untuk anggota PPK dan PPS di Kecamatan Gemawang dilakukan penggantian antarwaktu pada Selasa (29/1/2019) ini.

"PPK Gemawang yang mengundurkan diri atas nama Yamto, sudah digantikan oleh Ato'urrokhman dan dilantik hari ini oleh Ketua KPU Kabupaten Temanggung M. Yusuf Hasyim‎," urainya.

Perusahaan Mitra Bawang Putih di Temanggung: Kami Tampung Apapun Hasil Panen Petani

‎Terkait mekanisme penggantian, dijelaskan lebih lanjut, ‎petugas yang mengundurkan diri diganti oleh urutan di bawahnya.

Sementara, khusus untuk anggota PPS jika urutan dibawahnya tidak ada, maka penggantinya didasarkan rekomendasi dari kepala desa/lurah setempat.

"Jika urutan di bawahnya tidak ada, penggantinya atas rekomendasi kades atau lurah setempat," katanya.

Sementara, ‎untuk perekrutan kelompok panitia pemungutan suara (KPPS), akan dilangsungkan pada 28 Februari-27 Maret 2019 mendatang.

"Masa kerja KPPS akan berlangsung 10 April-9 Mei 2019," pungkas Henry. (*)

Penulis: yayan isro roziki
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved