KPU Imbau Warga Luar Demak yang Ingin Mencoblos di Pemilu Mengurus Form A5

KPU Demak mengimbau hingga 17 Februari 2019 seluruh warga luar Demak yang ingin menggunakan hak pilihnya di Demak untuk segera mengurus form A5.

KPU Imbau Warga Luar Demak yang Ingin Mencoblos di Pemilu Mengurus Form A5
istimewa
Monitoring logistik - KPU Provinsi Jawa Tengah didampingi KPU Demak melakukan monitoring logistik di Domenggalan Demak, Rabu (30/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Alaqsha Gilang Imantara

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - KPU Demak mengimbau hingga 17 Februari 2019 seluruh warga luar Demak yang ingin menggunakan hak pilihnya di Demak untuk segera mengurus form A5.

Anggota KPU Demak Divisi Hukum dan Pengawasan, Hastin Atas Asih, mengatakan berdasarkan hasil kesepakatan rapat KPU di Surabaya telah diputuskan paling lambat H-60 atau 17 Februari 2019, semua warga luar Demak yang ingin mencoblos di Demak harus mengurus form A5 di KPU Demak.

"Warga luar Demak yang ingin pindah memilih di Demak atau sebaliknya, bisa segera untuk mengurus form A5 di KPU Demak baik itu santri, kuliah, narapidana, ataupun panti sosial,"ujar Hastin, Rabu (30/1/2019).

Menurutnya, persoalan daftar pemilih pindahan (Dptb) untuk mengantisipasi hilangnya hak pilih dari masyarakat dikarenakan banyak masyarakat mobilitas tinggi sehingga memfasilitasi masyarakat yang tidak di lokasi agar tetap bisa memberikan hak suara.

Upaya sosialisasi pemilu melalui beberapa strategi secara baik itu melalui seminar, lewat radio, konser musik maupun memanfaatkan relawan demokrasi.

"Terkait daftar pemilih pindahan (dptb), KPU Demak melaksanakan sosialisasi di Hotel Amantis pada 8 Februari 2019 dengan mengundang kepala sekolah, kepala pondok pesantren, pimpinan perusahaan maupun, buruh secara besar-besaran,"terangnya.

"Kita juga akan melaksanakan konser musik yang akan dilaksanakan pada 17 Februari mengundang keramaian sekaligus menginformasikan terkait pemilu 2019 dengan harapan masyarakat mengingat tinggal 2 bulan lagi," ungkapnya.

Kemudian, KPU Demak akan melaksanakan KPU Run pada 17 Maret 2019 untuk mengingatkan kembali bahwa pemilu 2019 tinggal 1 bulan lagi.

"Kami juga memanfaatkan media sosial dan relawan demokrasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen secara nasional," paparnya.(agi)

Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved