Geliat Bisnis Durian Lokal di Banjarnegara

Ada pula durian lokal yang cukup legendaris di Banjarnegara, yaitu durian Kamun di Desa Bondolhardjo Kecamatan Punggelan.

Geliat Bisnis Durian Lokal di Banjarnegara
Tribun Jateng/ Khoirul Muzakki
Mencicipi durian lokal di Sigaluh Banjarnegara. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Musim durian telah tiba. Hampir di setiap daerah, buah berduri ini telah memenuhi lapak-lapak pedagang di pinggir jalan.

Tidak terkecuali di Kabupaten Banjarnegara. Terlebih, dari daerah ini lahir bermacam varietas durian lokal berkualitas unggul.

Dari varian durian yang ada, beberapa di antaranya bahkan menjadi durian unggul yang sudah diuji oleh Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu). Sebut saja durian Simimang dari Kecamatan Madukaraka, dan durian Sambeng dari Kecamatan Sigaluh.

Ada pula durian lokal yang cukup legendaris di Banjarnegara, yaitu durian Kamun di Desa Bondolhardjo Kecamatan Punggelan.

Meski teruji kualitasnya, para petani maupun pedagang di daerah ini tak lantas aji mumpung, membanderolnya dengan harga selangit.

Hanya harganya sedikit lebih tinggi dari buah durian pada umumnya, kisaran ratusan ribu rupiah.

Selain itu, masih ada banyak varian durian lokal lain di Banjarnegara yang kebanyakan belum memiliki nama lokal. Kualitas rasanya pun tak kalah dengan durian unggul yang telah kesohor itu. Durian lokal itu pun punya potensi untuk dikembangkan.

Yanto, (55) petani sekaligus pedagang durian lokal asal Desa Singamerta masih istikamah berbisnis buah durian. Dia sudah menggeluti usaha itu selama 23 tahun.

Bisnis raja buah seakan tak ada sepinya. Meski kini, pesebaran buah durian hampir merata di setiap daerah karena semakin banyak petani yang membudidayakannya.

Halaman
123
Penulis: khoirul muzaki
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved