Pertama di Jawa Tengah, Kumpulkan Sampah Dapat Tabungan Emas

PT Pegadaian meresmikan bank sampah di Ngudi Lestari, Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik Kota Semarang, Minggu, (3/2/2019).

Pertama di Jawa Tengah, Kumpulkan Sampah Dapat Tabungan Emas
TRIBUN JATENG/RIVAL ALMANAF
Petugas bank sampah menghidupkan mesin pengolah limbah sampah plastik di Bank Sampah The Gade, clean and gold Kelurahan Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Minggu (3/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - PT Pegadaian meresmikan bank sampah di Ngudi Lestari, Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik Kota Semarang, Minggu, (3/2/2019).

Uniknya bank sampah yang beroperasi melalui Program The Gade, Clean and Gold itu, para pengumpul sampah akan diganjar tabungan emas.

Direktur Utama PT Pegadaian Kuswiyoto yang hadir dalam peresmian menjelaskan, program itu adalah yang pertama kali ada di Jateng.

Sementara untuk beberapa provinsi lain sudah ada.

"Adanya bank sampah ini adalah upaya untuk mengatasi potensi kerusakan lingkungan dan pemberdayaan manusia. Mereka kami ajak mengelola sampahnya untuk kemudian diubah menjadi tabungan emas," terang Kuswiyoto.

Masyarakat yang ingin ikut serta hanya diminta untuk mengumpulkan sampah mereka.

Saat ini sementara yang diterima adalah sampah plastik dan kaleng.

Dari situ, nama pengumpul akan dicatat dan poin akan diberikan sesuai jumlah dan sampah yang diserahkan.

"Akan ada tim kami di bank sampah ini, mereka akan memberikan pembekalan kepada masyarakat. Setelah sampah ditimbang hasilnya akan kami berikan tabungan emas. Tabungan itu nantinya juga bisa digadaikan di Pegadaian," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: rival al-manaf
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved