Diduga Ma'ruf Amin Lakukan Pelanggaran di Kendal, Bawaslu Segera Mengkajinya

Bawaslu Kabupaten Kendal akan mengkaji dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Pilpres 2019, KH Ma'ruf Amin.

Diduga Ma'ruf Amin Lakukan Pelanggaran di Kendal, Bawaslu Segera Mengkajinya
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
KH Ma'ruf Amin menghadiri pengajian Harlah NU ke 93 di Alun-Alun Kabupaten Kendal, Senin (4/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dhian Adi Putranto.

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kendal akan mengkaji dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Pilpres 2019, KH Ma'ruf Amin.

Dugaan pelanggaran itu saat dirinya mengisi ceramah pengajian peringatan Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama ke 93 di Alun-Alun Kabupaten Kendal, Senin (4/2/2019).

Dalam ceramahnya, Ma'ruf Amin mengajak seluruh warga Nahdiyin untuk memilih presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2019 dari kalangan Nahdlatul Ulama.

"Saya menerima tawaran Cawapres karena itu sebagai bentuk terhadap ulama. Karena pembangunan di Indonesia akan berjalan baik jika bersama para ulama dan kiai" ujarnya di hadapan para warga Nahdiyin.

Ia juga menambahkan, ulama khususnya NU dalam mengajarkan ilmu agama selalu disertai sikap santun dan tanpa ancaman.

Oleh sebab itu para ulama dan kiai harus berperan besar dalam kepemimpinan.

"Jangan sampai seperti daun salam, yang dicari sebagai penyedap masakan, namun menjadi bahan pertama yang dibuang saat masakan hendak dimakan," ungkapnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kendal, Odilia Amy Wardani mengatakan, pihaknya akan merapatkan untuk mengkaji pernyataan Ma'ruf Amin pada pengajian tersebut.

Menurutnya izin yang dilakukan yakni izin mengadakan pengajian peringatan harlah.

"Izinnya hanya mendatangi Harlah, tidak izin kampanye. Dan izin tersebut hanya disampaikan kepada Polres Kendal, bukan kepada kami," ujarnya. (*)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved