137.852 Ribu Lembar Surat Suara Pilpres Tiba di KPU Salatiga, Butuh 4 Hari Untuk Melipat

137.852 lembar surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun ini sudah tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga.

137.852 Ribu Lembar Surat Suara Pilpres Tiba di KPU Salatiga, Butuh 4 Hari Untuk Melipat
TRIBUNJATENG/M NAFIUL HARIS
Ketua KPU Kota Salatiga Saemuri menunjukkan kardus berisikan surat suara Pilpres 2019 di Gudang Logistik KPU, Kamis (7/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Sebanyak 137.852 lembar surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun ini sudah tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga.

Sementara surat suara Pileg menunggu giliran dari daerah lain secara bertahap.

Ketua KPU Kota Salatiga Saemuri mengatakan saat ini dari total ribuan surat suara Pilpres masih tersimpan rapi di gudang logistik berukuran 12x21 meter milik KPU.

Rencana dalam waktu dekat akan dilakukan pengecekan menunggu prosedur bersama kepolisian.

"Nanti setelah ada kesiapan bersama kepolisian akan kami hitung ulang jumlahnya sesuai apa tidak. Lalu ada yang rusak apa tidak baru kami distribusi ke TPS kecamatan," terangnya kepada Tribunjateng.com di kantornya Kamis (7/2/2019).

Pemkot Salatiga Akan Gratiskan Biaya Pengobatan Pasien DBD

Menurut Saemuri, surat suara Pilpres diterimanya dari KPU RI pada Senin (4/2/2019) melalui pos pengiriman yang dikemas dalam kardus dengan masing-masing berisikan sekira dua ribu lembar surat suara.

Dikatakan Saemuri, sesuai rencana yang telah disusun internal KPU Kota Salatiga terkait teknis pembukaan dan penghitungan akan dibarengkan dengan surat suara Pileg manakala sudah diterima.

"Sementara masih rapi terbungkus kardus sebanyak 69 kardus berisikan surat suara Pilpres," katanya.

Saemuri menerangkan dari total keseluruhan surat suara Pilpres yang sudah diterima KPU Kota Salatiga sesuai dengan jumlah DPT.

Marak Kasus Demam Berdarah, Penjualan Ikan Sepat Rawa di Salatiga Naik Drastis

Sementara antisipasi adanya hama tikus maupun kecoa dan munculnya jamur secara berkala gudang logistik dilakukan penyemprotan menggunakan cairan obat khusus serangga dalam 10 hari sekali.

Ia menambahkan dari sebanyak 137.852 lembar surat suara diprediksi menghabiskan waktu empat hari dalam proses pelipatan mengingat Pilpres kali ini hanya ada dua pasangan calon.

"Sekarang yang kami lakukan pemantauan supaya surat suara tidak rusak sesuai prosedur. Agar aman juga dijaga petugas kepolisian selama 24 jam," ujarnya.

Sedang antisipasi jamur karena lembab dalam setiap hari gudang logistik yang ada dibuka berkala agar sirkulasi udara tetap terjaga mengingat cuaca sedang musim penghujan. (*)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved