75 Kades Terpilih Dilantik, Bupati Tegal Pesan Jangan Cari Balik Modal Kampanye

Bupati Tegal Umi Azizah melantik 75 Kepala Desa (kades) terpilih dari hasil Pilkades serentak gelombang dua tahun 2018 dilantik di Pendopo Amangkurat.

75 Kades Terpilih Dilantik, Bupati Tegal Pesan Jangan Cari Balik Modal Kampanye
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Bupati Tegal, Umi Azizah mengambil sumpah para Kades Terpilih di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal, Kamis (7/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Sebanyak 75 Kepala Desa (kades) terpilih dari hasil Pilkades serentak gelombang dua tahun 2018 dilantik di Pendopo Amangkurat, Pemkab Tegal, Kamis (7/2/2019) pagi ini.

Para Kades terpilih dari 16 kecamatan itu diambil sumpah oleh Bupati Tegal Umi Azizah di hadapan Forkopimda.

Dalam pelantikan tersebut, Umi mengajak para kepala desa (kades) di Kabupaten Tegal untuk menghindari godaan fulus atau jual beli jabatan.

“Karena sepanjang tahun 2018, belasan kades kita terjerat kasus hukum akibat penyalahgunaan keuangan desa," kata Umi di hadapan para Kades Terpilih dan ratusan warga.

Pemkab Tegal Siapkan Ratusan Ton Beras untuk Kondisi Gawat Darurat Bencana

Menurut Umi, godaan terbesar seorang pemimpin adalah soal fulus atau uang.

Hal itu bisa muncul dari jual beli jabatan, pembebanan biaya administrasi yang tidak resmi, tidak wajar kepada warganya, hingga penerimaan komisi proyek dari rekanan.

Godaan lainnya, lanjut Umi, termasuk untuk mengembalikan uang kampanye selama pencalonan kades, yang digadang-gadang habisnya sampai miliaran rupiah.

“Hindari semua itu, bekerjalah dengan tulus dan ikhlas. Jujur serta mengedepankan kepentingan lebih luas, yaitu kepentingan masyarakat desa secara keseluruhan tanpa diskriminasi,” tegas orang nomor satu di Kabupaten Tegal itu.

Di era transparansi sekarang ini, Umi menitip pesan kepada kades terpilih untuk mampu membuat kebijakan publik yang unggul, tidak korupsi , dan tidak ngapusi.

"Sudah saatnya pemerintah desa mampu terbuka, bersih dalam melayani rakyat. Apalagi sebagian besar, rakyat kita semakin sadar bahwa setiap rupiah yang dikelola desa harus dapat dipertanggungjawabkan," sambung Umi.

Antisipasi Banjir, DPRD Kabupaten Tegal Minta PSDA Atasi Pendangkalan Sungai Melalui Normalisasi

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Tegal, Prasetiawan menuturkan bahwa pelantikan Kades Terpilih dilaksanakan sebanyak dua putaran.

"75 Kades terpilih dilantik hari ini. Untuk 40 Kades terpilih lainnya akan dilantik paling lambat 6 April 2019 nanti. Ini menyesuaikan masa habis kepemimpinan Kades sebelumnya," tutur Prasetiawan. (*)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved