Donald Trump Optimistis Wilayah ISIS 100 Persen Akan Musnah pada Pekan Depan

Presiden Amerika Serikat Donald Trump yakin teritorial kekuasaan ISIS akan berhasil direbut secara keseluruhan pada pekan depan.

Donald Trump Optimistis Wilayah ISIS 100 Persen Akan Musnah pada Pekan Depan
Reuters/Al Arabiya
Ilustrasi / Pasukan ISIS berparade di kota Raqqa, Suriah 

TRIBUNJATENG.COM, WASHINGTON DC - Presiden Amerika Serikat Donald Trump yakin teritorial kekuasaan ISIS akan berhasil direbut secara keseluruhan pada pekan depan.

Diwartakan The Hill, Rabu (6/2/2019), Trump melontarkan pernyataan tersebut saat dia berupaya mempertahankan rencananya untuk menarik pasukan dari Suriah.

"Harus diumumkan secara resmi soal waktu, kemungkinan pekan depan, bahwa kita akan membebaskan 100 persen wilayah khalifah (ISIS)," katanya dalam pidato di Kementerian Luar Negeri AS.

"Tapi saya harap menunggu untuk pernyataan resmi. Saya tidak ingin mengatakannya terlalu cepat," ucapnya.

"Sisa (wilayah), itu yang mereka punya. Meski sisa, itu bisa menjadi sangat berbahaya," imbuh Trump.

Politico mencatat, ISIS kini hanya memegang sekitar 1 persen wilayah di Irak dan Suriah.

Namun, kelompok ektremis tersebut terus melanjutkan wilayah kekuasaannya di Afghanistan, Libya, Sinai, dan Afrika Barat.

Intelijen AS pada awal bulan ini merilis laporan tahunan "Worldwide Threat Assessment", yang menyatakan ISIS masih memiliki ribuan pasukan di Irak dan Suriah.

Kelompok itu bahkan mengelola 8 cabang, belasan jaringan, dan ribuan pendukung yang menyebar di seluruh dunia, meski telah kehilangan kepemimpinan dan teritorial. Tapi Trump tetap yakin khalifah ISIS akan hancur.

"Terima kasih kepada koalisi global, termasuk kalian di sini hari ini dan kepada mitra kita, khalifah ISIS telah dihancurkan," ucapnya.

"ISIS tidak lagi mengklaim kepemilikan wilayah pemerintah daerah di Suriah dan Irak," tutur pria berusia 72 tahun itu.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo masih berusaha meyakinkan anggota koalisi anti-ISIS bahwa AS tetap berkomitmen dalam memerangi kelompok tersebut, di tengah rencana penarikan pasukan.

"Pertempuran merupakan salah satu yang kami akan teruskan bersama Anda," ucapnya.

"Penarikan pasukan pada dasarnya adalah perubahan taktis. Itu bukan perubahan dalam misi. Itu tidak mengubah struktur, desain, atau otoritas," imbuhnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Trump Yakin Wilayah ISIS 100 Persen Akan Musnah pada Pekan Depan"

Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved