Hadapi Revolusi Industri 4.0 UPGRIS Siapkan Kuliah Online

Salah satunya telah dipersiapkan program studi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

Hadapi Revolusi Industri 4.0 UPGRIS Siapkan Kuliah Online
Istimewa
Salah satu dosen menunjukan tampilan website untuk kuliah online dalam workshop Prodi BK mata kuliah semester genap di Hotel Chanti Semarang. 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dampak revolusi industri 4.0 mulai dirasakan di bangku perkuliahan. Sebagai pencetak sumber daya manusia, perguruan tinggi tidak ingin lepas begitu saja untuk mengikuti tuntutan zaman.

Salah satunya telah dipersiapkan program studi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.

Para dosen di program studi itu menggelar workshop mata kuliah semester genap di Hotel Chanti Semarang.

Digelar pada hari Kamis (9/2/2019) hingga malam hari lalu, salah satu agenda yang dilakukan oleh para dosen di program studi itu adalah mempersiapkan pilot project perkuliahan daring.

Kepala Program Studi BK, Siti Fitriana menyebut pada revolusi industri 4.0 lulusan dituntut untuk melek teknologi karena industri nantinya akan mengandalkan otomatisasi dalam proses produksi.

Oleh karena itu, menurutnya kuliah daring atau online nantinya juga akan menjadi jembatan bagi mahasiswa untuk menghadapi revolisi industri 4.0.

"Kami menangkap tantangan itu makanya di semester ini ada tiga mata kuliah pilihan yang kemudian akan dijadikan pilot project untuk melaksanakan perkuliahan daring," ucap Fitriana saat menyampaikan press rilisnya kepada Tribun Jateng, Jumat (8/2/2019).

Beberapa mata kuliah yang akan menerapkan pembelajaran secara virtual itu adalah pelatihan outbond, kepemimpinan, dan manajemen pelatihan. Ia menyebut sebenarnya tiga mata kuliah itu pada tahun-tahun sebelumnya sudah ada, namun kini diperbarui baik dari materi dan cara penyajian.

"Dari materi juga ada perubahan yang tujuannya akan menjadikan mahasiswa sebagai guru BK plus, selain menjadi pembimbing konseling di sekolah juga bisa menjadi pelatih kepemimpinan di luar sekolah," terangnya.

Halaman
12
Penulis: rival al-manaf
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved