Pilpres 2019

Ini Konsep Arus Baru Ekonomi Indonesia yang Diusung Maruf Amin Jika Terpilih

Calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin menyatakan akan mengusung arus baru ekonomi di Indonesia jika terpilih di Pemilihan Presiden (Pilpres)

Ini Konsep Arus Baru Ekonomi Indonesia yang Diusung Maruf Amin Jika Terpilih
CHRISTOFORUS RISTIANTO/KOMPAS.com
Calon wakil presiden nomor urut 01, Maruf Amin di Hotel Aryaduta, Jakarta, Sabtu (9/2/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin menyatakan akan mengusung arus baru ekonomi di Indonesia jika terpilih di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Arus baru tersebut menggantikan arus lama ekonomi Indonesia yang arah pembangunanya hanya menguntungkan kelompok konglomerat.

"Arus lama pembangunannya dari atas yang melahirkan konglomerat. Yang konglomerat makin kuat, yang masyarakat biasa makin loyo," ujar Ma'ruf di Hotel Aryaduta, Jakarta, Sabtu (9/2/2019).

Menurutnya, langkah tersebut harus dihilangkan dengan cara membangun sistem ekonomi dari bawah, atau bottom up economic development.

Sistem ekonomi itu, seperti diungkapkan Ma'ruf, akan mengolaborasikan masyarakat yang berada di kelas bawah dengan masyarakat menengah ke atas.

"Saling bermitra dan berkolaborasi, masyarakat yang lemah menjadi kuat dan kelompok masyarakat kelas atas tetap kuat," ungkapnya.

Dengan demikian kesenjangan antara masyarakat kelas bawah dan atas akan semakin menyempit seiring dengan pembangunan ekonomi mandiri.

"Jika ke depan ekonomi kita kuat dan mandiri, saya yakin tahun 2024 Indonesia sudah bisa lepas landas atau tidak tergantung dengan negara lain," kata Ma'ruf.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jika Terpilih, Ma'ruf Amin Akan Usung Arus Baru Ekonomi Indonesia"

Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved