Abdul Somad Imbau Para Modin Gunakan APD saat Merawat Jenazah

Petugas perawatan jenazah RS Tugu Semarang Abdul Somad menghimbau Modin untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Abdul Somad Imbau Para Modin Gunakan APD saat Merawat Jenazah
Tribun Jateng/ Saiful Ma'sum
Abdul Somad, petugas perawatan jenazah RS Tugu saat memberikan pelatihan praktik menggafani jenazah di Aula Kecamatan Genuk, Minggu (10/2/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Saiful Ma'sum

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebagai upaya pencegahan atas menularnya penyakit pada jenazah terinfeksi, petugas perawatan jenazah RS Tugu Semarang menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Hal tersebut dijelaskan Abdul Somad yang juga sebagai satu di antara 10 petugas perawatan jenazah di RS Tugu dalam acara "Pelatihan Pemulasaran Jenazah oleh KKN MIT ke-7 UIN Walisongo Semarang di aula Kecamatan Genuk, Semarang, Minggu (10/2/2019).

Turut hadir juga perwakilan dari paguyuban modin Kota Semarang Budi Waskito, dan juga Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM), Ali Imron sebagai perwakilan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Walisongo Semarang.

Sebanyak 55 tokoh agama seluruh Kecamatan Genuk hadir dalam pelatihan tersebut.

Mereka tampak antusias menyampaikan problematika persoalan perawatan jenazah di lingkungannya agar lebih baik dan benar.

Selama 1,5 jam menyampaikan materi, Abdul Somad tidak henti-hentinya memberikan masukan, serta menjelaskan bagaimana merawat jenazah yang baik dan benar sesuai syariat dan sisi medis.

"Saya sampaikan ketentuan dari sisi syariat seperti bab hukum memandikan, mengafani, menyalati, hingga menguburkan. Namun, yang perlu ditekankan dari sisi medisnya, karena menyangkut kesehatan bagi perawatnya," terang Somad.

Untuk itu, pria tinggal di Kalicari tersebut menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menggunakan APD.

Lebih lanjut, penggunaan APD dapat mencegah tertularnya infeksi penyakit yang diderita oleh jenazah selama hidupnya.

Halaman
12
Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved