Harga Premium di Jawa, Madura, Bali Turun Rp 100 Per Liter

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan formula baru untuk harga jual eceran bahan bakar minyak (BBM).

Harga Premium di Jawa, Madura, Bali Turun Rp 100 Per Liter
KOMPAS/PRIYOMBODO
Aktivitas pengisian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan formula baru untuk harga jual eceran bahan bakar minyak (BBM).

Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto menjelaskan, sejalan dengan itu harga jual Premium untuk di Jawa, Madura, Bali turut disesuaikan dengan di luar kawasan tersebut.

Dengan demikian, harga Premium di Jawa, Madura, Bali turun Rp 100 dari sebelumnya Rp 6.550 per liter menjadi Rp 6.450 per liter.

"Untuk bahan bakar Premium, Pertamina juga telah menurunkan harganya menyesuaikan harga dengan harga di Jawa, Bali," ujar Djoko di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Minggu (10/2/2019).

Kata Djoko, untuk penurunan harga jual BBM non subsidi bervariasi, dari paling kecil Rp 50 per liter hingga paling tinggi Rp 1.100 per liter.

"Badan usaha telah menyesuaikan harga BBM-nya, paling rendah Rp 50 paling tinggi penurunnya sampai Rp 1.100," katanya.

Djoko menuturkan, pemerintah menerapkan formula penjualan harga BBM untuk melindungi konsumen serta menjaga kelangsungan badan usaha. 

"Maksud tujuan ambil kebijakan ini adalah untuk melindungi konsumen, menjaga pelaku usaha, dan tidak ambil keuntungan terlalu besar," tuturnya.(*)
 

Editor: m nur huda
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved