Dua A‎lat Berat Berat Bersihkan Material Longsoran di Bahu Jalan Raya Semarang - Jogja

Satuan ‎Kerja Perangkat Daerah Tugas Pembantuan (SKPD TP) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga dan Cipta Karya Jawa Tengah (Jateng)

Dua A‎lat Berat Berat Bersihkan Material Longsoran di Bahu Jalan Raya Semarang - Jogja
yayan isro
Alat berat membersihkan material longsor di bahu Jalan Semarang - Jogja, turut Desa Ngipik, Kecamatan Pringsurat, Temanggung. 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG -- Satuan ‎Kerja Perangkat Daerah Tugas Pembantuan (SKPD TP) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga dan Cipta Karya Jawa Tengah (Jateng), menerjunkan dua alat berat serta tiga truk, guna membersihkan longsor di bahu Jalan Raya Semarang - Jogja, Km 53.600, turut Desa Ngipik, Kecamatan Pringsurat, Senin (11/2). ‎

Seusai terus-terusan diguyur hujan deras, ‎Minggu (10/2) kemarin, ‎tebing setinggi kurang lebih 15 meter dan panjang sekitar 20 meter, yang ada di pinggir jalan tersebut longsor.

Seorang warga sekitar, Ketuk Suranto, mengatakan warga mengatakn tebing tersebut longsor pada sekitar pukul ‎16.30.

Menurutnya, longsor tak begitu berpengaruh terhadap arus lalu lintas di jalan penghubung antar provinsi itu.

"Longsor sore, usai hampir seharian diguyur hujan deras. Gak menimbulkan macet, karena material longsor hanya ‎menumpuk di bahu jalan, tak sampai meluber ke badan jalan," kata Ketuk, di sela-sela aktivitas pembersihan material longsoran.

Disampaikan, tanah material longsor memang diminta oleh warga Dusun Ngebong, Desa Pingit‎, Kecamatan Pringsurat, untuk keperluan menguruk jalan kampung setempat.

Sehingga, sebagian material longsoran dievakuasi dan kemudian ditumpuk di seberang jalan dari lokasi longsor.

"Yang titik longsor itu memang masuknya Desa Ngipik, di seberang jalan sini, masuknya sudah wilayah Desa Pingit. Ini tanah bekas longsoran kami minta untuk mengurug jalan kampung yang mau dicor," ucap Ketuk, di dekat tumpukan tanah material longsoran.

Kepala SKPD TP Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga dan Cipta Karya Jateng, Adhi Wirawan, mengatakan pihaknya menerjunkan dua alat berat serta tiga truk untuk membersihkan material longsor dari bahu jalan. Menurutnya, aktivitas pembersihan dilaksanakan mulai sekitar pukul 08.00.

"Longsor tidak begitu berpengaruh terhadap arus lalu lintas, sehingga kami sengaja mulai membersihkan pada pagi harinya, tidak seketika usai terjadi longsor," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: yayan isro roziki
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved