RNSD Semarang Punya Alat CT Scan 128 Slice Hibah Pemprov Jateng, Bisa Cek Jantung Dalam 10 Detik

Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Semarang melakukan soft launching alat CT Scan 128 slice, di ruang radiologi RSND

RNSD Semarang Punya Alat CT Scan 128 Slice Hibah Pemprov Jateng, Bisa Cek Jantung Dalam 10 Detik
Tribunjateng.com/Akbar Hari Mukti
Gubernur Ganjar Pranowo mengecek mesin CT Scan di RSND Semarang, Senin (11/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Semarang melakukan soft launching alat CT Scan 128 slice, di ruang radiologi RSND, Semarang, Senin (11/2/2019). Alat untuk memeriksa organ dalam ini merupakan sumbangan dari Pemprov Jawa Tengah untuk RSND.

Soft launching ini merupakan bagian dari perayaan ulang tahun RSND ke-3.

Susilo Widodo, Direktur Utama RSND memaparkan CT Scan 128 slice ini berbeda dengan alat CT Scan yang lain. Pasalnya CT Scan ini merupakan alat generasi terbaru.

"Alat ini mampu memberi gambaran diagnostik lebih baik, terutama pemeriksaan organ bergerak, semisal jantung," paparnya.

Bahkan saking mutakhirnya, ia menjelaskan pasien hanya cukup diperiksa menggunakan CT Scan ini selama 10 detik saja.

Selama 10 detik ini alat tersebut mampu memeriksa jantung atau organ dalam pasien secara seksama, dengan paparan radiasi yang dipancarkan oleh mesin tersebut seminimal mungkin.

"Alat ini dihubungkan dengan komputer. Selama pemeriksaan, komputer yang telah dihubungkan akan memberikan gambaran secara spesifik terkait organ dalam pasien, dengan resolusi yang lebih baik," terang Susilo.

Ia berharap dengan adanya alat CT Scan terbaru ini semakin melengkapi peralatan yang ada di RSND Semarang. Saat ini di rumah sakit tersebut ada belasan layanan klinik.

Di antaranya klinik umum, kesehatan anak, penyakit dalam, bedah, mata, THT, saraf, kulit dan kelamin, jantung dan lain-lain.

Halaman
12
Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved