Di Karanganyar Ada Ojek ASI, Ini Manfaatnya Bagi Ibu Menyusui

Layaknya jasa online pesan dan kirim barang, para ibu menyusui di Kebakkramat Kabupaten Karanganyar juga bisa memanfaatkan Ojek ASI.

Di Karanganyar Ada Ojek ASI, Ini Manfaatnya Bagi Ibu Menyusui
ISTIMEWA
Ojek ASI, Fikhri saat menjemput ASI eksklusif milik guru SMA Negeri Mojogedang Kabupaten Karanganyar, Erlina 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Rendahnya tingkat ibu menyusui ASI eksklusif di beberapa desa wilayah Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar, Puskesmas Kebakkramat 1 berinisiasi membentuk Kelompok Peduli ASI Eksklusif (Kepo Asek) melalui layanan Ojek ASI.

Kepo Asek yang sudah berjalan sejak 2017 itu, kini telah memiliki 25 kader  yang tersebar di wilayah kerja Puskesmas Kebakkramat 1 yakni Desa Kemiri, Waru, Nangsri, Kebak, dan Macanan.

Setiap desa ada 5 orang dan masing-masing kader mendampingi 10 rumah dimana di dalamnya terdapat ibu menyusui.

Kepala Puskesmas Kebakkramat 1, Retno Sawartuti mengungkapkan, wilayah Kebakkramat merupakan wilayah industri. 

"Karena para perempuan banyak yang bekerja sebagai karyawan pabrik. Seusai cuti 2-3 bulan pasca kehamilan, akhirnya si anak diasuh mbahnya. Mereka jadi jarang memberikan ASI ekslusif karena rutinitas kerja," terang Retno kepada Tribunjateng.com, Selasa (12/2/2019).

Menurutnya, pada 2017 lalu angka ibu menyusui di wilayah kerja Puskesmas Kebakkramat 1, sekitar 21 persen.

Setelah berjalan setahun, angka tersebut meningkat menjadi 38 persen dan ditargetkan bisa mencapai 44 persen di tahun ini.

Guna menyadarkan pentingnya memberikan ASI eksklusif bagi bayi sampai usia 2 tahun, Kepo Asek juga menjaring kader dari ibu-ibu PKK yang berada di desa.

"Nantinya para kader berkewajiban memberikan pengetahuan kepada para ibu menyusui. Bagaimana cara memeras ASI dan memasukannya dalam botol kaca, selanjutnya menyimpannya di dalam freezer," ungkapnya.

Sehingga, meskipun para ibu menyusui sibuk terhadap rutinitas kerjanya, mereka tetap bisa memenuhi kebutuhan bayi terkait ASI eksklusif.

Halaman
12
Penulis: Agus Iswadi
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved