RUU Permusikan Diprotes Banyak Musisi, Anang Hermansyah Mundur dari LSP

Anang Hermansyah mundur dari LSP usai mendapat kritikan dari banyak musisi lantaran dalam draf RUU menyebutkan, sertifikasi musisi harus ditanda tanga

RUU Permusikan Diprotes Banyak Musisi, Anang Hermansyah Mundur dari LSP
Dok.Pribadi/INSTAGRAM
Anang Hermansyah dan Ashanty 

TRIBUNJATENG.COM- Inisiator Rancangan Undang-Undang Permusikan, Anang Hermansyah mengundurkan diri dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Anang Hermansyah mendapat kritikan dari banyak musisi lantaran dalam draf RUU menyebutkan, sertifikasi musisi harus ditanda tangani olehnya selaku Dewan Pengarah LSP terkait bidang musik.

"Penunjukkan saya sebagai Dewan Pengarah di LSP, terus terang saya sudah mengajukan pengunduran diri, yang sekarang sedang digodok sama organisasi," jelas Anang Hermansyah dalam tayangan Net Entertainment News, Selasa (12/2/2019)

Anang menuturkan, sejak dirinya menjadi sorotan usai mengusulkan RUU Permusikan yang dinilai membatasi ekspresi musisi, Ashanty merasa sedih.

"Ashanty gundah banget. Anak-anak saya juga. Harapan saya, solusi cepat ditemukan," ungkapnya.

Anang Hermansyah menuturkan bahwa sebagai Anggota DPR, dia terus berusaha memperjuangkan profesi musisi.

"Tugas saya di kursi DPR tinggal 7 bulan lagi. Tapi saya tidak berhenti untuk perjuangkan profesi saya. Saya akan jadi seniman lagi, saya sama temen-temen akan terus berjuang bagaimana profesi ini nantinya akan mendapat posisi yang baik," jelasnya.

Sebelumnya telah diberitakan, dalam salah satu ayat RUU Permusikan itu menjelaskan, dalam proses kreasi musisi dilarang mendorong khalayak melakukan kekerasan serta melawan hukum, dilarang membuat konten pornografi, dilarang memprovokasi pertentangan antarkelompok, dilarang menodai agama, dilarang membawa pengaruh negatif budaya asing dan dilarang merendahkan harkat serta martabat manusia.

Bagi para musisi, pasal tersebut bisa menjadi pasal karet yang bisa dipelintir sesuai keingingan pelapor atau penegak hukum.

Halaman
123
Penulis: Wilujeng Puspita Dewi
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved