Ajak Warga Giatkan Kembali Poskamling, Polres Salatiga Bagikan Ratusan Kentongan

Pada apel kentongan kali ini Polresta Salatiga membagikan sebanyak 200 kentongan siap pakai

Ajak Warga Giatkan Kembali Poskamling, Polres Salatiga Bagikan Ratusan Kentongan
Tribunjateng.com/M Nafiul Haris
Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono menyerahkan secara simbolis kentongan kepada perwakilan warga di Kecamatan Sidomukti Rabu (13/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Menjelang pelaksanaan pemilihan umum yang kerapkali rawan dimanfaatkan sekelompok orang memancing kerusuhan Polres Salatiga menggalakkan kembali Siskamling.

Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono mengatakan pengamanan wilayah tidak sepenuhnya dibebankan kepada aparat kepolisian melainkan tanggungjawab bersama dengen pemerintah dan peran serta masyarakat.

"Karena itu kerjasama menjaga keamanan agar tetap kondusif ini penting dan dibutuhkan keterlibatan semua komponen yang sebenarnya saling bergantung," terangnya usai memimpin Apel Kentongan dalam Rangka Pengamanan Pilpres Tahun 2019 di Halaman Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Rabu (13/2/2019)

Menurut AKBP Gatot, salah satu upaya menciptakan ketertiban lingkungan agar sitauasinya tetap aman, nyaman, dan tertib ialah adanya suatu pola komunikasi pengamanan yang baik antar kampung atau dusun.

Dikatakannya, kentongan merupakan alat komunikasi yang dianggap tepat mengingat wilayah Kota Salatiga masyarakatnya lebih terbiasa dengan penanda bahaya melalui kentongan.

"Jadi ibaratnya kentongan ini meski jadul tapi hidup segan mati tak mau. Dan menjelang pemilu kali ini dan sesudahnya semoga situasi kamtibmas tetap aman dan sejuk mari bersama hidupkan kembali budaya kentongan," katanya

AKBP Gatot melanjutkan pola komunikasi massa melalui kentongan juga dinilai murah secara pembiayaan dan sangat efisien serta efektif semua orang dapat membuat secara mandiri tidak pula susah.

Pada apel kentongan kali ini Polresta Salatiga membagikan sebanyak 200 kentongan siap pakai kepada perwakilan kecamatan agar diteruskan ke keluruahan hingga Rt/Rw yang ada di lingkungan masing-masing.

"Sementara simbolis kami lakukan di Sidomukti 49 buah dari total sebanyak 200 kentongan untuk empat kecamatan di wilayah Kota Salatiga," ujarnya

Halaman
12
Penulis: M Nafiul Haris
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved