Bikin Makalah Tentang Hoaks, Mahasiswi USM Ini Berkesempatan Belajar ke Taiwan

Mahasiswi Universitas Semarang (USM) menyadarkan masyarakat agar tak lagi mudah percaya hoaks, melalui makalah dan kini bisa ke Taiwan

Bikin Makalah Tentang Hoaks, Mahasiswi USM Ini Berkesempatan Belajar ke Taiwan
Istimewa
Intan Permatasari sedang memberikan pemaparan makalahnya kepada juri Mawapres 2019 USM, baru-baru ini. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Informasi hoaks yang ada di dunia maya, acap kali membuat gaduh hingga menjadikan masyarakat terbelah menjadi dua kubu.

Terlebih pada saat momen Pilpres tahun 2019, informasi hoaks yang sengaja disebar berpotensi untuk semakin memecah belah masyarakat.

Hal ini menggugah kesadaran Intan Permatasari, Mahasiswi Universitas Semarang (USM) untuk menyadarkan masyarakat agar tak lagi mudah percaya terhadap informasi hoaks.

Melalui makalahnya yang berjudul 'Penerapan Literasi Media Untuk Mengatasi Berita Hoax Bagi Masyarakat Indonesia di Era Milenial Dalam Mencapai Sistem Development Goals (SDG)', Intan ingin pemerintah dan pihak-pihak terkait termasuk perguruan tinggi menggalakkan literasi media kepada masyarakat.

Tujuannya agar tak mudah percaya informasi tak valid.

Lewat makalahnya juga, Intan berhasil meraih juara 1 Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) 2019 tingkat USM. Ia pun berkesempatan menjadi mahasiswa program pertukaran pelajar ke National Dong Hwa University (NDHU), Taiwan, Maret mendatang.

Ditemui Tribun Jateng di kampusnya, Rabu (13/2/2019), Intan mengaku senang dan bersyukur makalahnya bisa memenangi Mawapres 2019 tingkat USM.

Mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi semester 6 ini memang saat ini fokus meneliti infornasi hoaks yang ada di dunia maya dan reaksi masyarakat atas hal tersebut.

"Saya sangat ingin membatu mengedukasi masyarakat Indonesia untuk tidak percaya pada informasi-informasi hoaks yang mereka baca," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: akbar hari mukti
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved