KPU Temanggung Terima Distribusi Logistik Surat Suara DPR RI dan Pilpres 2019

Satu unit truk kontainer yang membawa logsitik untuk pemilihan umum (Pemilu) 2019

KPU Temanggung Terima Distribusi Logistik Surat Suara DPR RI dan Pilpres 2019
yayan isro
Ketua KPU Temanggung, M Yusuf Hasyim, membuka segel dan kemudian memeriksa kardus-kardus berisi surat suara. 

TEMANGGUNG, TRIBUN - ‎ Satu unit truk kontainer yang membawa logsitik untuk pemilihan umum (Pemilu) 2019, --berupa surat suara‎ calon legislatif (caleg) DPR RI daerah pemilihan (Dapil) VI Jateng--, untuk wilayah Kabupaten Temanggung, tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat Rabu (12/2) malam. Truk logistik berwarna orange milik Pos Indonesia, dengan nomor polisi B 9286 PEU, tiba sekitar pukul 20.30.

Selanjutnya, truk ‎dikawal menuju tempat penyimpanan di Tenis Indoor GOR Bambu Runcing.
Setibanya di lokasi penyimpanan, Ketua KPU Temanggung Yusuf Hasyim, didampingi Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Temanggung‎ Erwin Nurrachmani, serta disaksikan petugas kepolisian dan aparat TNI, memeriksa segel kontainer.

Setelah diteliti dan dinyatakan masih utuh, Yusuf Hasyim, membuka segel menggunakan gunting. ‎"Bismillah, kita buka dan saksikan bersama-sama," kata Hasyim, sebelum membuka segel.

Usai menyelesaikan urusan administrasi, sekitar pukul 22.45, ribuan kardus berisi surat suara DPR RI Dapil Jateng VI tersebut langsung dibongkar dan diturunkan, untuk kemudian disimpan di Tenis Indoor GOR Bambu Runcing.

"Langsung dibongkar dan diturunkan, dimasukkan ke ruang tenis indoor. Ruang penyimpanannya sama dengan kotak suara," ujar dia.

Diakui, saat diteliti lebih lanjut, terdapat satu kardus berisi surat suara yang sobek di bagian pojok. ‎Menurutnya, yang mengalami sobek hanya kardus pembungkus, sementara surat suara di dalamnya tampak masih bagus.

"Iya, itu hanya pojoknya saja, terkena bak kontainer, dalamnya gak apa-apa," ucapnya.

Ditambahkan, sebelum dilipat, nantinya surat suara akan dibuka lebih dulu dari kardus pembungkus, dan disaksaikan pihak-pihak terkait‎ lainnya. "Selanjutnya, disortir, bilamana ditemukan ada yang rusak, segera kita koordinasikan dengan KPU RI untuk dimintakan gantinya," imbuh dia.

Dituturkan Hasyim lebih lanjut, surat suara DPR RI yang dibutuhkan untuk wilayah Temanggung sebanyak 615.548 lembar. Sementara, yang diterima dalam pengiriman surat suara tahap awal ini sebanyak 613.356 lembar‎, yang dibungkus dalam 1.227 kardus.

"Kebutuhan surat suara adalah jumlah DPT+2 persen, saat ini berarti masih kuran‎g 2.192 lembar, kita laporkan ke KPU RI," ucapnya.‎

Sementara, surat suara untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2019 juga tiba pada Rabu (13/2) sekitar pukul 09.00. Surat suara yang datang terbungkus dalam 308 kardus.

"Untuk surat suara pemilihan presiden yang tiba sebanyak 613.356 lembar," katanya.

Ketua Bawaslu Erwin Nurrachamni, mengatakan ia menunggui pembongkaran surat suara dari kontainer ke ruang penyimpanan hingga selesai. "Kami pantau sampai selesai semuanya," ucap dia. (yan)

Penulis: yayan isro roziki
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved