Lets Gowes Karimunjawa 2019 Ditarget 500 Peserta

Let’s Gowes Karimunjawa (LGwK) 2019 yang akan diselenggarakan pada Jumat sampai Minggu (29-31/2/2019) ditarget diikuti oleh 500 peserta.

Lets Gowes Karimunjawa 2019 Ditarget 500 Peserta
Tribun Jateng
LETS GOWES KARIMUN JAWA 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA  - Let’s Gowes Karimunjawa (LGwK) 2019 yang akan diselenggarakan pada Jumat sampai Minggu (29-31/2/2019) ditarget diikuti oleh 500 peserta.

Even tersebut diorganisir oleh  Kaisa Smart Konvex. Ketua panitia, Solichoel Soekaemi mengatakan, LGwK sudah tiga kali digelar sebagai even tahunan sejak tahun 2016. Pada tiga penyelenggaraan terdahulu, ratusan wisatawan sekaligus penggemar olah raga bersepeda mengikuti kegiatan ini.

Di LGwK, peserta diajak mengeksplorasi kekayaan wisata di Karimunjawa. Selama menempuh rute bersepeda, peserta diajak berhenti di beberapa titik. Mereka diberi suguhan atraksi wisata berbasis kekayaan alam setempat.

“Tahun ini total jarak yang ditempuh sekitar 50 kilometer. Berangkat dari alun-alun Karimunjawa hingga dermaga Legon Bajak di Pulau Kemujan, lalu kembali ke tempat semula.

Selain jalan beraspal hotmix, ada juga track tanah dan paving yang akan dipadukan dalam rute tersebut. Beberapa titik obyek wisata sudah dipersiapkan sebagai lokasi singgah,” kata Solichoel, Rabu (13/2/2019).

Selain beberapa pantai, tempat yang akan disinggahi di antaranya kebun kelapa milik warga setempat dengan suguhan atraksi wisata unduh degan atau kelapa muda.

“Di sana, kelapa diunduh dengan galah. Bukan dipanjat. Ini atraksi menarik,” jelasnya.

Ada  juga titik singgah di mangrove track, hingga rehat untuk makan siang dengan sajian makanan dari warga setempat.

“Agar LGwK menjadi ecotourism, kami sengaja tidak memesan makan siang dari hotel atau catering. Benar-benar kami beli dari warga setempat.  Dan mereka sendiri yang menyajikan kepada peserta.

Itu sama halnya dengan atraksi unduh degan.  Pada akhirnya atraksi ini menjadi sumber pendapatan warga dari penjualan kelapa muda,”  katanya.

Rencananya, kegiatan bersepeda dilangsungkan sepanjang hari kedua atau di hari Sabtu. Jumatnya peserta baru dijadwalkan berangkat dari dua titik, Jepara dan Semarang.

Malam setelah bersepeda, diagendakan Royal Dinner bersama Pemkab Jepara, panggung hiburan, game, pembagian hadiah, dan sebagainya.

Solichoel menyebut, warga yang berminat, bisa mendapatkan informasi lengkap sekaligus mengakses kontak dan cara pendaftan di laman ayoholiday.com.

Pemkab Jepara memberi dukungan penuh kegiatan ini. Bupati Jepara Ahmad Marzuqi menyambut baik.

“Ini akan semakin mempromosikan Karimunjawa. Tidak hanya semata-mata olahraga untuk tujuan kesehatan semata,” kata Ahmad Marzuqi. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved