Polresta Surakarta Berlakukan Tilang Elektronik, Pasang CCTV di 66 Titik Lokasi

Program ini untuk memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang penindakan pelanggaran atau pengakan hukum

Polresta Surakarta Berlakukan Tilang Elektronik, Pasang CCTV di 66 Titik Lokasi
KOMPAS.com/LABIB ZAMANI
Petugas kepolisian saat memonitor tilang elektronik melalui ruangan TMC Satlantas Polresta Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Rabu (13/2/2019). 

TRIBUNJATENG.COM - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Surakarta memberlakukan tilang electronic traffic law enforcement (ETLE) atau e-tilang dengan mememasang kamera CCTV di 66 titik di Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (13/2/2019).

Kanit Regident Satlantas Polresta Surakart AKP Suryo Wibowo menyampaikan, penerapan tilang elektronik tersebut merupakan program dari Korlantas Polri dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Program ini untuk memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang penindakan pelanggaran atau pengakan hukum.

"Kita akan memantau para pengguna kendaraan yang melintas di 66 titik melalui ruang TMC (traffic management center)," kata Suryo didampingi Wakasat Lantas Polresta Surakarta AKP I Made Rai Ardana saat monitoring sistem tilang elektronik di ruang TMC Satlantas Polresta Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Rabu.

Suryo menjelaskan, petugas yang bertugas di ruang TMC akan memonitor para pengguna kendaraan yang melintas di 66 titik yang telah dipasangi kamera CCTV.

Apabila ada kendaraan yang melanggar seperti tidak menggunakan helm, melanggar marka dan lainnya, maka nomor kendaraan dan pemiliknya akan di-capture melalui kamera CCTV.

"Setelah itu kita cek nomor kendaraan dan pemiliknya. Kemudian kita kirim surat konfirmasi (ELTE) ke alamat yang telah kita lampiri dengan foto pelanggar untuk melakukan konfirmasi," katanya.

Surat konfirmasi tersebut menjelaskan bahwa dalam waktu empat hari pelanggar harus melakukan konfirmasi kepada Satlantas Polresta Surakarta.

Konfirmasi untuk mencocokkan data yang dikirim petugas ke alamat pelanggar.

"Konfirmasi bisa melalui email atau datang langsung ke bagian tilang Satlantas Polresta Surakarta," jelasnya.

Halaman
12
Editor: muslimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved