Ratusan Nasabah Kredit Bank Puspa Kencana Brebes Berasal dari Kalangan Petani

"Kalau pokok pinjamannya itu dibayar musiman. Kalau belum bisa bayar ya bisa diperpanjang lagi," jelasnya

Ratusan Nasabah Kredit Bank Puspa Kencana Brebes Berasal dari Kalangan Petani
TRIBUN JATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTO
Seorang buruh mengangkut hasil panen bawang merah menggunakan sepeda di Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Senin (24/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Banyak petani bawang merah di Kabupaten Brebes yang mengajukan pinjaman ke bank milik Pemkab Brebes, Bank Puspa Kencana, saat musim tanam.

Mereka meminjam atau menghutang dengan sistem pembayaran musiman.

Direktur Utama Bank Puspa Kencana Brebes, Sri Winarsih mengatakan, para petani meminjam dengan cara pembayaran musiman yang jatuh temponya sekitar 3 bulan dan 6 bulan. Pihaknya memberikan bunga 2 persen per bulan.

"Ada yang 3 bulan dan ada yang 6 bulan. Jika dalam waktu itu tidak bisa mengembalikan, maka jatuh tempo kredit bisa diperpanjang waktunya. Di Brebes ada 501 lebih nasabah petani, paling banyak dari Desa Banjaratma," kata Winarsih, Rabu (13/2/2019).

Kemudian, ada beberapa nasabah petani yang mengajukan perpanjangan kredit karena harga bawang merah sedang turun. Namun, jika dirata-ratakan, ada sekitar 20 nasabah berlatar belakang petani yang mengajukan perpanjangan kredit.

"Kalau pokok pinjamannya itu dibayar musiman. Kalau belum bisa bayar ya bisa diperpanjang lagi," jelasnya.

Dia menjelaskan, Bank Puspa Kencana Brebes memberikan kredit kepada nasabah sekitar Rp 56 miliar. Sekitar 14 persen atau sekitar Rp 8 miliar dari total kredit itu disediakan untuk petani di Brebes yang terkendala Permodalan mengolah sawah. Sitem kredit untuk petani diberikan dengan sistem kredit musiman.

"Cukup banyak petani yang mengajukan kredit di sini. Dari data kami per Januari itu, di sini ada 501 petani yang mengajukan kredit, dengan nilai pengambilan mulai dari Rp 10 juta sampai Rp 500 juta, bergantung kemampuan petani untuk membayar," paparnya. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved