Udinus Teken MoU dengan Universitas Asal Taiwan, Sepakat Kembangkan Riset Iptek Bersama-sama

MoU ini ditandatangani di Ruang Rapat Rektorat Gedung G Lantai I Udinus, Jalan Imam Bonjol, Semarang

Udinus Teken MoU dengan Universitas Asal Taiwan, Sepakat Kembangkan Riset Iptek Bersama-sama
Tribunjateng.com/Akbar Hari Mukti
Foto bareng usai penandatanganan kerjasama antara Udinus dan National Yunlin University of Science and Technology, Taiwan, Rabu (13/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang teken Memorandum of Undestanding (MoU) dengan National Yunlin University of Science and Technology, Taiwan, Rabu (13/2/2019). Lewat kerjasama ini, artinya Udinus sudah memiliki empat kerjasama dengan universitas-universitas yang berada di Taiwan.

MoU ini ditandatangani di Ruang Rapat Rektorat Gedung G Lantai I Udinus, Jalan Imam Bonjol, Semarang.

Wakil Rektor IV Bidang Penelitian dan Kerjasama Udinus, Pulung Nurtantio Andono memaparkan kerjasama yang dilakukan dengan National Yunlin University of Science and Technology Taiwan ini di antaranya terkait pertukaran pelajar, pertukaran dosen, hingga riset antar kedua kampus terkait ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Terkhusus kerjasama riset ini, menurut Pulung ada sejumlah riset yang akan dilakukan keduanya. Di antaranya terkait teknologi, hingga akulturasi dua budaya yakni Indonesia dan Taiwan.

"Kami memiliki keyakinan bahwa kerjasama ini bisa menguntungkan dari kedua sisi, kedua pihak. Maka kami harap kerjasama ini bisa diaplikasikan secara maksimal," paparnya usai kegiatan.

Keuntungan tersebut, contohnya dari sisi kualitas pendidikan. Riset, pertukaran pelajar dan juga dosen dirasanya akan menambah kualitas pendidikan kedua universitas.

"Kami bangga bisa kerjasama dengan universitas asal Taiwan ini. Melalui kerjasama ini, kedua universitas mampu meningkatkan kualitasnya. Nantinya akan diperluas kerjasamanya," paparnya.

Penandatangan kerajasama ini dari National Yunlin University Taiwan diwakili Ming-Chang Wu, Dekan Fakultas Budaya dan Ilmu Terapan setempat.

Sedangkan pihak Udinus diwakili Raden Arief Nungroho, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Udinus.
Penandatanganan MoU ini dihadiri langsung Rektor Udinus Edi Noersasongko.

Senada, Ming-Chang Wu mengaku senang dengan adanya perjanjian kerjasama ini.

Ia mengaku optimis akan ada simbiosis mutualisme dari kedua universitas tersebut.

"Saya senang sekali ada kerjasama ini. Hal ini bisa membangun dua universitas menjadi universitas yang terus unggul," terangnya dalam bahasa Indonesia.

Terkait riset dari kedua universitas, menurutnya pihaknya bisa melakukan penelitian bersama yang hasilnya dapat dimanfaatkan secara publik.

"Semoga hasilnya bisa berguna dan menarik minat dari Industri di negara Indonesia dan juga Taiwan," urainya. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved