Bawaslu Demak Periksa Kades Demak Akibat Hadiri Kampanye Caleg DPR RI

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Demak, memeriksa sejumlah kepala desa di kantor Bawaslu Demak, Rabu (13/2/2019)

Bawaslu Demak Periksa Kades Demak Akibat Hadiri Kampanye Caleg DPR RI
alaqsha gilang imantara
Ketua Bawaslu Demak, Khoirul Saleh saat ditemui Tribunjateng di kantor Bawaslu Demak, Kamis (14/2/2019). (Tribunjateng/Alaqsha Gilang Imantara) 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Demak, memeriksa sejumlah kepala desa di kantor Bawaslu Demak, Rabu (13/2/2019).

Hal ini terkait keterlibatan mereka dalam kampanye calon legislatif (caleg) DPR RI di suatu hotel kota Semarang pada Sabtu (9/2/2019) lalu.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Demak, Khoirul Saleh kepada tribunjateng ditemui di kantor Bawaslu Demak, Kamis (14/2/2019).

"Dua petinggi desa yang terlibat yakni Kepala Desa Weding, Kecamatan Bonang, Abdul Gofur dan Kepala Desa Krajanbogo Kecamatan Bonang, Sarif.

Dua kepala desa itu menghadiri pertemuan atas undangan salah seorang warga Kembangan, Kecamatan Bonang,"ucapnya.

Menurut Khoirul, keduanya bersama sejumlah kepala desa lainnya ikut menghadiri pertemuan dengan Caleg DPR RI dari Partai Nasdem, Lestari Moerdijat.

"Dalam pengakuannya, kepala desa krajanbogo, Sarif menyatakan jika caleg DPR RI Lestari Moerdijat hanya memperkenalkan diri dan menceritakan dirinya saja. Sedangkan Kepala desa Weding, Gofur mengaku datang di acara itu saat doa berlangsung,"tuturnya.

Dijelaskan Khoirul, pertemuan dengan caleg DPR RI itu digelar dua kali, yakni pada Sabtu (9/2/2019) pukul 10.00 WIB dan 13.00 WIB yang diduga dihadiri oleh kepala desa sekabupaten Demak.

Hasil klarifikasi akan dikaji ulang. Bawaslu Demak masih melakukan investigasi. Yang hadir dalam pertemuan itu dimungkinkan adalah kepala desa se-Demak.

"Kami masih proses pendalaman, apakah masuk pelanggaran kampanye, apakah bentuk pelibatan kepala desa dalam kampanye dan apakah kepala desa itu membuat kebijakan yang menguntungkan caleg,"pungkasnya. (*)

Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved