Ganjar Siapkan Subsidi Transportasi Untuk Jual Bawang dan Cabai ke Luar Jawa

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo terus berfikir keras untuk mengatasi anjloknya harga-harga pertanian khususnya bawang dan cabai di Jawa Tengah

Ganjar Siapkan Subsidi Transportasi Untuk Jual Bawang dan Cabai ke Luar Jawa
Istimewa
Gubernur Ganjar Pranowo memberikan paparan saat menerima Komisi XI DPR RI yang melakukan kunjungan kerja dalam rangka reses masa persidangan III tahun sidang 2018-2019 ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Kamis (14/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo terus berfikir keras untuk mengatasi anjloknya harga-harga pertanian khususnya bawang dan cabai di Jawa Tengah.

Sejumlah tindakan dilakukan Politisi PDI Perjuangan itu sebagai proses menstabilkan harga, satu di antaranya dengan menjual produk hasil pertanian Jateng ke luar Jawa.

Hal itu disampaikan Ganjar saat beraudiensi dengan Anggota Komisi XI DPR RI di Semarang, Kamis (14/2/2019).

Dalam kesempatan itu, Ganjar menegaskan jika Pemprov Jateng tidak diam untuk membantu para petani agar tidak merugi.

"Selain memerintahkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) membeli cabai dan bawang langsung dari petani, sejumlah kebijakan lain juga sudah kami lakukan, salah satunya menjual hasil pertanian ke luar Jawa yang harganya bagus," kata dia.

Ganjar menegaskan, bahwa pihaknya sudah menemukan pasar yang bagus di luar Jawa, yakni di Padang, Kalimantan Tengah, Batam dan Kalimantan Selatan.

Beberapa waktu lalu sudah dilakukan, yakni mengirimkan hasil pertanian dari Kebumen ke pasar Padang dengan biaya ekspedisi Rp 4,7 juta per ton dengan waktu tempuh tiga hari.

Sebenarnya lanjut dia, jarak waktu itu bisa dipangkas jika pengiriman menggunakan pesawat terbang.

Namun persoalannya saat ini adalah, biaya kargo pesawat terbang yang mahal.

Halaman
12
Penulis: faisal affan
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved