Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sragen Dilantik Sebagai Kader Jumatik

Pemerintah Kabupaten Sragen telah melantik kader juru pemantau jentik Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sragen di Alun-alun Kabupaten Sragen

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sragen Dilantik Sebagai Kader Jumatik
TRIBUN JATENG/ MAHFIRA PUTRI MAULANI
Dandim 0725/Sragen Letkol Kav Luluk Setyanto melantik kader juru pemantau jentik (Jumantik) di Alun-alun Kabupaten Sragen 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN - Pemerintah Kabupaten Sragen telah melantik kader juru pemantau jentik Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sragen di Alun-alun Kabupaten Sragen, Kamis (13/2/2019).

Kader jumantik ini berasal dari Pramuka Penegak atau Pramuka Penggalang yang yang berasal dari gugus depan SMP/MTs/MA se-Kabupaten Sragen.

Gerakan Pramuka Sragen bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen, Kwartir Ranting se-kabupaten Sragen, UPTD Puskesmas se-Kabupaten Sragen, dan Satuan Karya Pramuka (saka) Bakti Husada.

Dandim 0725/Sragen Letkol Kav Luluk Setyanto menyampaikan Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan masalah kesehatan yang menyita perhatian dilaporkan Sragen akhir-akhir ini.

"Sebanyak 708 kasus terlapor, 40 kasus DBD, satu kasus Dengue Shock Syndrome (DSS), total 247 kasus DBD, dan 278 yang tidak terdeteksi," ujar Luluk.

Menurut data yang diperoleh, tiga orang yang sebelumnya dikabarkan meninggal dunia akibat DBD ialah salah. Setelah dianalisis ketiga korban tersebut bukan termasuk DBD dan DD.

Dilantiknya Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sragen menjadi juru pemantau jentik ini dimaksudkan untuk mengambil peran menjadi pelopor pembangunan kesehatan masyarakat dengan membentuk kader pemantau jentik yang berasal dari adik-adik satuan Karya Pramuka Bakti Husada.

"Ini diharapkan mampu mengimplementasikan pada lingkungan terdekat, dari keluarga, tempat tinggal maupun kelompok-kelompok gerakan lainnya," lanjut Luluk.

Menurutnya, Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) perlu ditanamkan pada usia sedini mungkin.

Aksi kader jumantik ini nanti, akan dilakukan wilayah kecamatan masing-masing.

Halaman
12
Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved