Jembatan Serayu yang Hubungkan Dua Kabupaten di Jawa Tengah Segera Dibangun

Pemerintah segera membangun jembatan yang menghubungkan Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Banjarnegara

Jembatan Serayu yang Hubungkan Dua Kabupaten di Jawa Tengah Segera Dibangun
Istimewa
MoU Pemprov Jateng, Pemkab Purbalingga dan Pemkab Banjarnegara di ruang kerja Plt Bupati Purbalingga kemarin, Rabu (13/2) (ist) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Akses warga di dua kabupaten bertetangga, Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Banjarnegara akan semakin terbuka.

Pemerintah segera membangun jembatan yang menghubungkan dua kabupaten itu, tepatnya antara Desa Kedunglegok Kecamatan Kemangkon dan Dermasari Kecamatan Susukan Banjarnegara.

Pembangunan itu dipastikan terealisasi pada tahun anggaran 2019. Ini menyusul penandatanganan kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan dua kabupaten, Purbalingga dan Banjarnegara.

Rencananya, pembangunan jembatan gantung sepanjang 120 meter dengan lebar sembilan meter di atas aliran Sungai Serayu itu akan dibangun menggunakan dana bantuan APBD Provinsi Jateng tahun anggaran 2019 sebesar Rp 34 miliar.

Dodik Srianto dari Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Setda Provinsi Jawa Tengah mengatakan, dalam MoU disepakati, kewajiban kabupaten adalah melakukan pembebasan lahan di masing-masing wilayahnya.

Adapun kewajiban Pemprov adalah menyusun Detail Enginering Design (DED) dan pembangunan fisik.

“DED sudah dilaksanakan pada perubahan anggaran tahun 2018. Sekarang dalam proses pembangunan fisik yang sudah memasuki proses pelelangan. Mudah-mudahan pembangunannya segera terealisasi,” katanya kemarin

Plt Bupati Dyah Hayuning Pratiwi menyambut baik terealisasinya pembangunan jembatan itu.

Terlebih, keberadaan jembatan itu disebutnya akan memperlancar akses jalan menuju Bandara Jenderal Besar Soedirman.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved