Pengamat Adi Prayitno: Tema Debat Kedua Jokowi Banget, Paslon 01 Harusnya Bisa Kuasai Panggung

Tema debat kedua pada 17 Februari mendatang dinilai sebagai angin segar bagi pasangan calon (paslon) presiden

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - ‎Tema debat kedua pada 17 Februari mendatang dinilai sebagai angin segar bagi pasangan calon (paslon) presiden - waki presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Demikian disampaikan pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno.

"‎Dalam debat kedua nanti membahas infrastruktur, itu tema yang Jokowi banget, karena kita tahu Jokowi punya kekuatan dan pengusaan di sana. Paslon 01 bisa menguasai panggung dalam debat nanti," kata Adi, dalam keterangan tertulis, Kamis (14/2).

Diketahui, dalam debat kedua nanti, tema yang diangkat adalah‎ energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur. Menurut Adi, dalam debat nanti Jokowi cukup hanya menyampaikan capaian-capaian yang telah ada.

Semisal, keberhasilan membangun jalan tol. Sehingga, memudahkan aksesibilitas masyarakat.

"‎‎Yang mampu dianggap kesuksesakan Jokowi ya infrastruktur, apa saja yang sudah dibangun dan impact ekonomi yang sudah dirasakan, disampaikan saja. Saat ini, tradisi mudik di masyarakat kan tidak seseram sebelumnya," urai Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, itu.

Diakui, seberapa pun besar pencapaian pemerintah, tentu tak lepas dari kritik. Akan tetapi, menurutnya, dengan muncunya kritik, semua kalangan lantas tutup mata dengan pencapaian pemerintahan Jokowi.

"Kritik soal infrastruktur pasti ada, tapi jangan kemudian menutup mata juga, jangan seakan-akan (infrastruktur) tidak ada gunanya. Saya melihat infrastruktur sebagai parameter sukses Jokowi," imbuhnya.

Sementara, soal pangan, menurut Adi, peluangnya 50:50. Dituturkan, Jokowi tetap melakukan import pangan dalam periode kepemimpinannya. Dituturkan, sejatinya import pangan hal yang tak bisa dihindari.

"‎Jokowi akan dihantam di bidang ini, tapi angka import di masa Jokowi lebih rendah dibandingkan pada pemerintahan sebelumnya," paparnya.‎

Senada disampaikan juru bicara tim kampanye nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, M. Misbakhun. Menurutnya, pencapaian pembangunan infrastruktur di era Jokowi sangat luar biasa.

Halaman
12
Penulis: yayan isro roziki
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved