Tak Hanya Wilayah Pemukiman, DBD Juga Serang Siswa Sekolah di Brebes

Jumlah korban kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Kabupaten Brebes terus bertambah.

Tak Hanya Wilayah Pemukiman, DBD Juga Serang Siswa Sekolah di Brebes
NET
ILUSTRASI 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Jumlah korban kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Kabupaten Brebes terus bertambah. Tidak hanya di wilayah pemukiman, DBD juga menyerang siswa di sekolah-sekolah.

Di antaranya di SMP Negeri 2 Brebes. Kepala SMP Negeri 2 Brebes, Murtado mengatakan, saat ini empat siswanya telah positif terkena DBD dan masih dirawat di rumah sakit. Selain itu, beberapa siswa lainnya dinyatakan suspect.

"Kami khawatir penularan DBD semakin bertambah. Saat ini saja sudah empat anak didik positif terjangkit DBD. Tak hanya itu, sejumlah siswa juga dilaporkan suspect," katanya, Kamis (14/2/2019).

Murtado menuturkan, lokasi sekolahan merupakan lokasi rawan dan sering ditemukan jentik nyamuk khususnya pada tempat penampungan air dan tempat lainnya yang kerap menjadi sarang nyamuk.

Pihaknya pun mengupayakan dilakukan pengasapan (fogging) dengan meminta bantuan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes guna menanggulangi penyebaran DBD di sekolah.

"Kemarin kami sudah upayakan pencegahanya dengan fogging sebagai respon kami terhadap kasus DBD. Harapannya, tidak ada peserta didik lain yang terkena DBD," harapnya.

Data dari Dinkes Brebes, jumlah korban DBD terus bertambah. Hingga kini, telah ada 127 orang yang dinyatakan positif DBD dan 9 orang di antaranya meninggal dunia.

Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular (P3MPTM) Dinkes Brebes, Ismawan Nur Laksono mengatakan, merebaknya kasus DBD tersebut terjadi kurun waktu sebulan terakhir.

"Rata-rata paling banyak penderita ataupun yang meninggal dunia akibat DBD yakni anak-anak usia di bawah 15 tahun," kata Ismawan.

Untuk penanggulangan, Dinkes telah menginstruksikan 17 Puskesmas di bawahnya untuk terus bergerak aktif melakukan fogging focus. Salah satu sasarannya yaitu di area sekolah.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved