Soal Lahan Capres, Wiranto : Berawal dari Pernyataan Soal Pasal 33

Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) menyinggung lahan ratusan hektare yang dikuasai capres Prabowo Subianto dalam debat kedua Pilpres 2019.

Soal Lahan Capres, Wiranto : Berawal dari Pernyataan Soal Pasal 33
TRIBUNNEWS.COM
Menkopolhukam Jenderal (purn) Wiranto 

TRIBUNJATENG.COM -- Capres  petahana Joko Widodo (Jokowi) menyinggung lahan ratusan hektare yang dikuasai capres Prabowo Subianto dalam debat kedua Pilpres 2019.

Menko Polhukam Wiranto yang juga tergabung dalam TKN Jokowi-Ma'ruf Amin menyebut pembahasan perihal lahan itu diawali Prabowo.

"Lho, kan dibuka dulu oleh Pak Prabowo bahwa, mengatakan bahwa, selalu mengedepankan UUD 1945 Pasal 33 bahwa bumi, air, dan kekayaan alam yang berada di atasnya dikuasai oleh negara untuk kemakmuran rakyat," kata Wiranto di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (19/2).

"Kan Pak Prabowo selalu itu kan. Lah, presiden menjelaskan, kalau begitu maka ya saya sampaikan, Anda menguasai lahan yang begitu besar, jadi ini ada kaitannya, bukan tiba-tiba muncul presiden ngomong itu. Ini kan debat. Itu bagaimana kaitan dengan seperti tadi," imbuh Wiranto.

Wiranto lantas mengulangi pernyataan Prabowo saat mengklarifikasi perihal lahan ratusan hektare di Kalimantan dan Aceh Tengah. Bagi Wiranto, pembahasan mengenai lahan di debat kedua Pilpres 2019 adalah hal wajar.

"Saya kira nggak ada yang aneh. Yang bikin aneh kan kita-kita ini yang membuat analisis sendiri," sebut Wiranto.

Wiranto lantas menanggapi protes yang terjadi di jeda debat kedua. Menurut Wiranto, apabila memang ada pelanggaran, penyelenggara pemilu pasti akan menegur.

"Ya boleh protes, ada Bawaslu, Presiden Jokowi dalam hal ini capres sudah mengatakan ada aturannya, aturan mainnya. Kalau itu melanggarkan itu disetop. 'Hei itu stop!'," sebut Wiranto.

Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) wilayah Linge, Fauzan Azima, membantah lahan negara yang dikuasai Prabowo di Aceh Tengah digunakan mantan kombatan GAM. Linge yang pernah memimpin wilayah Aceh Tengah dan Bener Meriah, memastikan mantan kombatan GAM tak pernah memanfaatkan lahan Prabowo.

Sebelumnya Cawapres nomor urut 2, Sandiaga Uno menyebut sebagian lahan yang dikelola Prabowo banyak dikelola untuk membuka banyak lapangan kerja mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

"Lahan yang dikelola beliau banyak dikelola membuka lapangan kerja. Lahan di Aceh misalnya, banyak digunakan aktivis GAM untuk meningkatkan ekonomi mereka," kata Sandi.

Hal itu juga dinyatakan oleh Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Dahnil mengaku dihubungi seorang mantan anggota GAM di Aceh yang tersinggung dengan pernyataan Jokowi soal HGU lahan Prabowo di Aceh Tengah. Mereka tersinggung karena selama ini HGU tersebut dimanfaatkan oleh mantan anggota GAM.

(tribun network/den/mal/dtc/coz)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved