Semarakkan Hari Peduli Sampah 2019, Masyarakat Pati Bersihkan Bantaran Sungai Silugonggo

Muspida Pati menggelar kegiatan kebersihan di Kampung Nelayan Bendar, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional

Semarakkan Hari Peduli Sampah 2019, Masyarakat Pati Bersihkan Bantaran Sungai Silugonggo
TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019, Muspida Kabupaten Pati melaksanakan kegiatan kebersihan di Kampung Nelayan Bendar, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Kamis (21/2/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019, dilaksanakan kegiatan kebersihan di Kampung Nelayan Bendar, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Kamis (21/2/2019).

Kegiatan pembersihan bantaran Sungai Silugonggo dari sampah tersebut merupakan giat bersama yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pati, TNI-Polri, Persatuan Istri Tentara (Persit), Bhayangkari, Tim Maritim Juwana dari Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Bajomulyo, warga Desa Bendar, pelajar, dan beragai elemen masyarakat lainnya.

Ketua PPP Bajomulyo Saptiwi Mumpuni mengatakan, untuk menjaga kebersihan dan kelestarian sumber hayati Sungai Silugonggo, dibutuhkan partisipasi penuh dari masyarakat.

SIAPaK, Aplikasi Satpol PP Kabupaten Pati Juarai Lomba Kinerja dan Inovasi Jawa Tengah

"Masyarakat nelayan Bendar juga wajib berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan Sungai Silugonggo. Kalau sungai mendangkal karena dipenuhi sampah, nanti kapal dan perahu tidak bisa bersandar,” ungkapnya.

Saptiwi mengatakan, jenis sampah yang ditemukan di bantaran Sungai Silugonggo dalam giat hari itu antara lain adalah sisa-sisa tanaman liar dan kayu-kayu tak terpakai.

Adapun sampah rumah tangga tidak ditemukan.

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut berharap, kegiatan membersihkan Sungai Silugonggo pada Hari Peduli Sampah Nasional kali ini dapat menggerakkan komponen masyarakat lain agar lebih peduli terhadap sampah.

"Tidak cukup jika hanya mengandalkan pemerintah," ucapnya.

Safin, panggilan akrabnya, juga mengungkapkan keprihatinannya terhadap permasalahan sampah.

"Permasalahan sampah ini, kan, luar biasa. Terutama sampah plastik yang sangat sulit terurai. Mudah-mudahan dengan adanya peringatan Hari Peduli Sampah ini, kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik bisa ditingkatkan. Misalnya, penggunaan botol air kemasan plastik diganti dengan wadah yang bisa dicuci," tandasnya. (mzk)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved