Tribun Jateng Latih Penulisan Artikel ke Dosen Universitas Karangturi Semarang

Puluhan dosen Universitas Karangturi mendapat pelatihan materi penulisan artikel media massa oleh Tribun Jateng, di Kampus Universitas Karangturi, Sem

Tribun Jateng Latih Penulisan Artikel ke Dosen Universitas Karangturi Semarang
Tribun jateng/akbar hari mukti
Foto bersama dosen Universitas Karangturi Semarang dan tim Tribun Jateng usai pelatihan penulisan artikel media massa di kampus Universitas Karangturi, Semarang, Kamis (21/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Puluhan dosen Universitas Karangturi mendapat pelatihan materi penulisan artikel media massa oleh harian Tribun Jateng, di Kampus Universitas Karangturi, Semarang, Kamis (21/2/2019).

Para dosen ini mendapatkan edukasi tentang cara menulis esai di rubrik opini dengan baik dan benar.
Pemateri dari Tribun Jateng adalah Redaktur Tribun Jateng, Rustam Aji.

"Artikel, opini, esai adalah berita. Ketika kita menulis, harus ada masalah yang dimunculkan dan ada solusi yang diberikan," terangnya.

Menurut Rustam Aji, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan dalam menulis artikel di media massa. Misalnya isu-isu aktual, penting, hingga magnitud.

"Tentu saja di dalam proses menulis harus ada data dan fakta," terangnya.

Antusiasme ditunjukkan para dosen Universitas Karangturi Semarang dalam mempelajari cara menulis artikel di media massa. Ide-ide segar bermunculan, semisal rekam medis, korupsi, dan lain-lain.

Wakil Rektor 1 Universitas Karangturi Semarang, Soejoto, mengaku pelatihan kepenulisan artikel ini bermanfaat bagi para dosen. Ia menuturkan, tugas dosen saat ini bukan hanya memberi edukasi bagi mahasiswa, tetapi juga bagi masyarakat umum.

"Caranya membagikan ilmu ke orang-orang, ya lewat artikel di media massa, baik online maupun cetak," ujarnya.

Menurutnya, lewat kepenulisan artikel di media massa juga bisa mengurangi jarak antara dunia kependidikan dan masyarakat.

"Misal kesehatan, apa yang menjadi hak masyarakat saat sedang di rumah sakit itu diberitahukan. Lalu aspek korupsi marak, dari kacamata dosen ekonomi seperti apa," ungkap dia. (Ahm)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved