Edukasi Terkait Satwa, Puluhan Murid TK Apple Kids Dikenalkan Satwa Milik Sabhara Polres Salatiga

Suasana halaman Mapolres Salatiga terlihat berbeda pada pagi hari ini dibandingkan biasanya seusai dilaksanakan apel rutin anggota Kamis (28/2/2019).

Edukasi Terkait Satwa, Puluhan Murid TK Apple Kids Dikenalkan Satwa Milik Sabhara Polres Salatiga
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Puluhan anak-anak murid TK Apple Kids Salatiga saat mengikuti pelajaran diluar kelas seputar pengetahun satwa di Mapolresta Salatiga, Kamis (28/2/2019).  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA-Suasana halaman Mapolres Salatiga terlihat berbeda pada pagi hari ini dibandingkan biasanya seusai dilaksanakan apel rutin anggota Kamis (28/2/2019).

Pagi itu, anak-anak yang berjumlah puluhan nampak riuh memadati lapangan voli Polres Salatiga. Mereka adalah siswa maupun siswi dari taman kanak-kanak (TK) Apple Kids beralamat di Jalan Dokter Sumardi No 11 Kecamatan Sidorejo Salatiga.

Kepala Sekolah TK Apple Kids Yudhi Christyanto mengatakan para anak didiknya berkunjung ke Polres Salatiga dalam rangka belajar mengenal jenis-jenis satwa menindaklanjuti pelajaran kelas bertema hewan.

"Kebetulan pagi atau hari ini sedang dikenalkan seputar hewan dan manfaatnya. Setelah sebelumnya mengikuti pelajaran hewan peliharaan," terangnya kepada Tribunjateng.com, di lokasi Kamis (28/2/2019)

Menurut Yudhi siswa yang diajak terdiri dari murid TK besar dan kecil total keseluruhan sebanyak 90 orang. Ia berharap seusai melihat langsung serta mendapat penjelasan dari petugas polisi menambah pengetahuan peserta.

Dikatakannya, sejauh ini anak-anak TK ditempatnya baru mengenal hewan hanya sebatas sebagai peliharaan dirumah saja tidak untuk keperluan lain seperti pengamanan.

"Kebetulan Polres Salatiga memiliki  berbagai jenis anjing untuk keperluan tugas polisi. Makanya kami ajak siswa harapannya anak-anak lebih mengerti dan mencintai binatang," katanya

Kasat Sabhara Polres Salatiga AKP Hari Selamet Triyanto mengungkapkan pihaknya memiliki berbagai jenis anjing yang selama ini digunakan petugas kepolisian dalam melakukan pengamanan.

Disebutkan Triyanto anak-anak yang berkunjung dikenalkan jenis-jenis anjing dari unit satwa fungsi shabara bagaimana kecerdasan hewan mampu dimanfaatkan mendeteksi bahaya.

"Kami jelaskan pada anak-anak kalau hewan anjing atau lainnya apabila dididik dengan baik tidak cuma sebatas peliharaan saja namun memiliki manfaat lebih," ujarnya

Triyanto menjelaskan adapun beberapa koleksi anjing yang dikenalkan kepada para siswa maupun siswi antara lain anjing pendeteksi kasus pencurian, kemudian narkoba, bahan peledak, pelacakan umum, dan potensi SAR.

"Sesuai yang kami miliki semua dikenalkan ke siswa, tentunya anjing sudah terlatih dan biasa digunakan petugas manakala melakukan operasi kejahatan," pungkasnya (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved