Pemkab Purbalingga Bantu Komunitas Kebudayaan Urus Akta Notaris

Banyak bantuan dari dinas maupun kementerian yang membawahi kebudayaan untuk komunitas kebudayaan

Pemkab Purbalingga Bantu Komunitas Kebudayaan Urus Akta Notaris
Istimewa
Penampilan grup keroncong dalam pemaparan program Bidang Kebudayaan Dindikbud Purbalingga di depan para pemerhati budaya kesenian se-Purbalingga, Kamis (28/2) di aula Soedirman Dindikbud Purbalingga. (Ist) 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA -- Banyak bantuan dari dinas maupun kementerian yang membawahi kebudayaan untuk komunitas kebudayaan sering tidak tersalurkan karena berbagai hal.

Rin Anggraeni, Kasi Seksi Pembinaan dan Pelatihan Budaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga mengatakan, satu di antara pemyebabnya komunitas budaya yang mestinya menjadi sasaran bantuan tidak memiliku akta notaris.

Menurut dia, jika sebuah komunitas ingin mendapatkan bantuan dari instansi yang membawahi kebudayaan, akta notaris harus dimiliki.

Ia menyadari adanya kendala komunitas budaya dalam mengurus akta notaris terutama dari sisi biaya.

“Kami menyadari mungkin biaya yang dimiliki komunitas budaya masih terbatas. Apalagi untuk mengurus akta notaris, biayanya bisa mencapai Rp 1 juta untuk satu akta notaris,” kata Rin.

Karena itu, kata Rin, Dindikbud menjembatani keterbatasan tersebut dengan memberikan bantuan dana pengurusan akta notaris kepada 10 komunitas budaya di Purbalingga.

Nantinya, setiap tahun akan ada 10 komunitas budaya yang dibantu secara bertahap. Sehingga semua komunitas budaya di Purbalingga diharapkan memiliki akta notaris yang bisa digunakan untuk mengurus berbagai keperluan administrasi.

Jika dulu anggaran kebudayaan di tingkat Kecamatan diserahkan ke kantor Kecamatan, tahun ini diserahkan ke kantor Korwil Pendidikan Kecamatan agar pengurusan izin atau lainnya yang berhubungan dengan kebudayaan lebih terpadu. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved