200 Pelajar Ikuti Gerakan Minum Susu, Program Bhakti Peternakan Jawa Tengah di Sragen

Bhakti Peternakan Jawa Tengah Tahun 2019 di Desa Gawan Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen, Jumat (1/3/2019).

200 Pelajar Ikuti Gerakan Minum Susu, Program Bhakti Peternakan Jawa Tengah di Sragen
TRIBUN JATENG/MAHFIRA PUTRI MAULANI
Para siswa PAUD dan SD mengikuti gerakan minum susu dalam Bhakti Peternakan Jawa Tengah Tahun 2019 di Desa Gawan Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen, Jumat (1/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan serta Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah adakan Bhakti Peternakan Jawa Tengah Tahun 2019 di Desa Gawan Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen, Jumat (1/3/2019).

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menerangkan, melalui kegiatan tingkat Provinsi Jawa Tengah itu diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang mutu dan kesehatan pangan dimana tujuan lainnya guna peningkatan gizi anak usia sekolah.

"Kegiatan bhakti peternakan ini ditujukan juga untuk meningkatkan usaha peternakan yang mensejahterakan masyarakat dan berkelanjutan," ujar Yuni.

Menurutnya, kegiatan yang kemudian dikemas dalam bentuk bazar tersebut juga diharap juga mampu memberikan manfaat kepada masyarakat berupa terpenuhinya kebutuhan makanan pokok dari hasil pertanian dan produk olahan bahan pangan asal hewan, harga murah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah Agus Waryanto menyampaikan, bazar ini merupakan serangkaian acara yang terselenggara pada Jumat (1/3/2019).

"Tadi sudah diawali senam bersama masyarakat Kecamatan Tanon," ujar Agus.

Dalam basar tani dan bazar peternakan ini menjualan produk peternakan dan produk olahan dari ternak.

"Mulai dari beras medium, cabe, dan bawang merah, hingga produk olahan dari bahan pangan asal hewan ternak lainnya," lanjut Agus.

Antusias warga sangat tinggi terlihat, tidak lebih dari dua jam barang dagangan di bazar tersebut laku terjual.

Tak hanya bazar, acara juga diisi melalui program gerakan minum susu bagi anak usia sekolah (Gerimis Bagus).

Sekitar 200 paket susu dibagikan gratis dan diminum bersama-sama oleh para siswa PAUD dan SD yang turut memeriahkan acara.

Setelah itu, para orangtua, siswa dan pengunjung diedukasi tentang mutu serta keamanan pangan berupa pembelajaran dimana tujuannya agar mempunyai pengetahuan yang cukup tentang hal itu.

"Siang hari kami berikan pelayanan pengobatan gratis untuk ternak sapi, kambing, dan domba kepada kelompok ternak dan peternakan di Desa Gawan," lanjutnya. (Mahfira Putri Maulani)

Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved