Resepsi Hari Jadi Kabupaten Banyumas Ke-448, Digelar Wayang Kulit Semalam Suntuk

Rangkaian acara dalam rangka hari jadi Kabupaten Banyumas ke-448 belumlah usai. Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk digelar hari ini,

Resepsi Hari Jadi Kabupaten Banyumas Ke-448, Digelar Wayang Kulit Semalam Suntuk
TRIBUNJATENG/Permata Putra Sejati 
Resepsi Hari Jadi ke-448, Pemkab Banyumas menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk di alun-alun Purwokerto, Jumat (1/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Rangkaian acara dalam rangka hari jadi Kabupaten Banyumas ke-448 belumlah usai. Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk digelar hari ini, Jumat (1/3/2019).

Pentas wayang kulit bertempat di alun-alun Purwokerto dengan dalang Ki Seno Nungroho dari Yogyakarta. Pentas Wayang kulit mengangkat tema Semar Boyong.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Banyumas Achmad Husein, Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono dan juga oleh jajaran Forkompinda Kabupaten Banyumas.

Dalam sambutannya bupati menceritakan bahwa Kabupaten Banyumas sudah berumur 448 tahun, umur yang sudah cukup tua. Bupati mengingatkan kepada warga tentang apa esensi utama dari setiap perayaan hari jadi.

"Esensi utama setiap hari jadi bukanlah tentang perayaan semata. Bukan kirab-kiraban saja, bukan hura-hura dan kemeriahannya, tetapi yang paling penting adalah instrospeksi diri," ujar Bupati dalam sambutannya.

Kabupaten Banyumas yang genap berusia 448 tahun diharapkan menjadi lebih baik setiap tahunnya. Bahkan bupati dan segenap jajaran Forkominda berkomitmen menurunkan jumlah masyarakat miskin menjadi 9 persen selama empat tahun kedepan.

Setiap hari jadi Kabupaten Banyumas, pemkab Banyumas telah menyiapkan banyak agenda kegiatan.

Sebelum pelaksanaan kegiatan resepsi Wayang Kulit, sebelumnya Pemda Kabupaten Banyumas bersama Dinporabudpar telah melaksanakan serangkain pokok peringatan hari jadi.  Ada tujuh kegiatan utama yang sudah dilaksanakan.

Pertama, ziarah ke maham Raden Joko Kahiman di Dawuhan Banyumas, pada Kamis (7/2/2018).

Kedua, Tasyakur dan Ruwatan pada Kamis (7/2/2019) atau setelah acara ziarah.

Halaman
12
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved