Berikut Program Prioritas Tahun 2020 Kabupaten Batang, Bupati Batang: Fokus Tiga Sektor

Wujudkan pembangunan serta meningkatkan perekonomian, Bupati Batang Wihaji bersama Wakil Bupati Suyono merancang program prioritas 2020.

Berikut Program Prioritas Tahun 2020 Kabupaten Batang, Bupati Batang: Fokus Tiga Sektor
TRIBUN JATENG/DINA INDRIANI
Pemkab Batang menyusun Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Ranwal RKPD) Tahun 2022 gelaran Forum Konsultasi Publik di Aula Kantor Bupati, Selasa (5/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Tahun ini, Bupati Wihaji memprioritaskan tiga sektor utama untuk membangun Kabupaten Batang menjadi lebih maju.

Tiga sektor utama itu adalah infrastuktur, investasi, dan pariwisata.

Untuk mewujudkan pembangunan Batang serta meningkatkan perekonomian selama masa jabatannya, Bupati Batang Wihaji bersama Wakil Bupati Suyono telah merancang program prioritas 2020.

Susunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Ranwal RKPD) Tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Batang melalui gelaran Forum Konsultasi Publik di Aula Kantor Bupati, Selasa (5/3/2019).

"Pemkab Batang mempunyai lima Program Prioritas Pembangunan Daerah yaitu, peningkatan investasi, pemerataan kualitas pembangunan infrastruktur, optimalisasi distribusi sarana prasarana pertanian, pengembangan wisata, dan peningkatan produksi perikanan," papar Wihaji.

Wihaji menjelaskan, fokus peningkatan investasi mencakup beberapa hal, seperti promosi wisata yang saat ini sedang diperjuangkan.

"Kami juga telah melakukan terobosan untuk penyederhanaan pelayanan dan perizinan investasi. Hal ini untuk memudahkan para investor dalam berinvestasi," ujarnya.

Sementara dalam program peningkatan investasi, Pemkab Batang berharap lapangan kerja baru tersedia seluas-luasnya.

Karena angka pengangguran di Kabupaten Batang saat ini mencapai 4,23 persen.

"Namun demikian, Allhamdulilah angka pengangguran terbuka masih lebih rendah dibandingkan Provinsi Jawa Tengah dan Nasional," ujarnya.

Tak hanya investasi, pemerintah juga merambah ke sektor optimalisasi sarana prasarana pertanian seperti melakukan pelatihan, pembinaan, dan pengembangan untuk meningkatkan hasil pertanian.

Sedangkan untuk pemerataan pembangunan, telah membuat masterplan Kabupaten Batang yang menjadi acuan pembangunan sehingga ke depan dapat tertata rapi.

"Insfrastuktur jalan di perkotaan telah rampung tahun kemarin, sedangkan untuk tahun ini pembanguann insfrastruktur difokuskan dan disebar ke 15 kecamatan," ujarnya.

Sekda Kabupaten Batang Nasikhin menambahkan, penyelenggaraan forum tersebut mengacu pada Peraturan Mendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah.

"Maksud dan tujuannya adalah menyelesaikan rangkaian dokumentasi yang merupakan bentuk perencanaan pembangunan sebagai tahapan dalam rangka menyusun rencana awal RKPD 2020," pungkasnya. (Dina Indriani)

Penulis: dina indriani
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved