Selamat! Damkar Semarang Raih Juara 2 Skill Competition Tingkat Nasional di Pekanbaru

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang berhasil meraih juara 2 dalam Damkar National Skill Competition 2019

Selamat! Damkar Semarang Raih Juara 2 Skill Competition Tingkat Nasional di Pekanbaru
Istimewa
Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang berhasil meraih juara 2 dalam Damkar National Skill Competition 2019 yang dilaksanakan di Pekanbaru, Riau, mulai Minggu hingga hari ini, Rabu (3-6/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang berhasil meraih juara 2 dalam Damkar National Skill Competition 2019 yang dilaksanakan di Pekanbaru, Riau, mulai Minggu hingga hari ini, Rabu (3-6/3/2019).

Damkar Kota Semarang sendiri mendapatkan juara 2 dalam kategori Hose Laying, yaitu teknik pemadaman dan penyelamatan korban di ketinggian/gedung bertingkat.

“Sepuluh orang dari kami yang mengikuti lomba telah persiapan berlatih selama dua bulan.

Diperlukan kesiapan fisik, mental dan keterampilan; teknik rescue dan pemadaman dan lain-lain,” tutur Kepala Bidang Operasional dan Penyelamatan Trijoto Poejo Sakti saat dihubungi Tribunjateng.com, hari ini, Rabu (6/3/2019).

“Semua harus sempurna, cepat dan tepat,” imbuhnya.

Perlu diketahui, Damkar Semarang juga berhasil meraih juara 1 pada ajang yang sama pada 2018 di Ambon, Maluku, dalam kategori Survival, yaitu kemampuan dan cara para petugas damkar bertahan saat bertugas.

Selain kategori Hose Laying dan Survival, ada juga Ladder Pitching, yaitu ketangkasan menyiapkan tangga untuk menyelamatkan korban dari atas ketinggian.

Raihan juara itu menandakan bahwa tim Damkar Semarang berhasil mendapatkan juara tingkat nasional selama tiga kali berturut-turut setiap tahunnya.

Trijoto menyatakan, keberhasilan itu membuktikan skill para petugas Damkar Semarang yang mumpuni dan bermanfaat untuk melayani masyarakat Kota Semarang.

“Sekalipun alat dan peralatan perlengkapan minim, kami tetap mempunyai semangat dan skill keterampilan yg sangat baik terutama dalam penanggulangan bahaya kebakaran dan penyelamatan.”

“Jadi dalam pelayanan khususnya di Kota Semarang, masyarakat dapat merasa aman, nyaman dan tentram,” ujar Trijoto.

Sebagai informasi, ajang tingkat nasional tahunan itu yang digelar oleh Pemerintah Pusat itu kali ini merupakan bagian dari kemeriahan HUT ke-100 Damkar.

Terdapat 34 tim Damkar dari sejumlah kabupaten dan kota di Indonesia dengan total 204 atlet yang mengikuti kompetisi itu. (tribunjateng/rez)

Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved