Disperindagkop UKM Batang Dorong Pelaku Usaha Makanan Khas Lebih Maju

Selain itu bantuan juga diberikan berupa pelatihan keterampilan, hingga membuka peluang akses permodalan

Disperindagkop UKM Batang Dorong Pelaku Usaha Makanan Khas Lebih Maju
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Satu diantara rumah produksi kerupuk usek di Kelurahan Karangasem Selatan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (7/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengan melalui Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Batang terus mendorong pelaku usaha kecil menengah agar terus berkembang dan maju.

Satu di antaranya melalui pembinaan dan bantuan kepada para pelaku usaha, seperti halnya pelaku usaha kerupuk khas Batang yakni Kerupuk Usek.

Sentra produksi kerupuk usek sendiri berada di Karangasem Selatan dan Kasepuhan.

"Sentra produksi kerupuk usek di Kabupaten Batang terbanyak ada di dua kelurahan, Karangasem Selatan dan Kasepuhan tercatat lebih dari 70 kepala keluarga yang menekuni usaha pembuatan kerupuk usek mentah maupun matang," terang Kepala Bidang Perindustrian Disperindagkop UKM Batang, Machrus, Kamis (7/3/2019).

Dikatakan Machrus, selama ini Disperindagkop dan UKM telah banyaj menyalurkan progtam bantuan pembinaan untuk meningkatkan kapasitas produksi.

"Mengetahui permasalahannya adalah masalah produksi yang rendah kita mencoba memberi bantuan peralatan, dan pendampingan," ujarnya.

Selain itu bantuan juga diberikan berupa pelatihan keterampilan, hingga membuka peluang akses permodalan.

"Pembinaan yang kami berikan itu misal bagaimana tidak hanya kualitas produksi tetepi juga dari segi pengemasan yang menarik, kami juga bantu dari segi akses pemodalan," ujarnya.

Machrus berharap dengan mendapatkan dorongan berupa pembinaan, pelatihan, dan serta akses pemodalan para pelaku UKM dan bisa terus eksis berproduksi.

"Dengan begitu harapannya akan semakin membuka lapangan pekerjaan, sekaligus mensejahterakan para pelaku usaha," pungkasnya. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved