Gagahnya Masjid Wali Perkasa Purbalingga, Peninggalan Abad ke 15

Masjid Wali Perkasa, Desa Pekiringan, Karangmoncol, salah satu masjid bersejarah di Purbalingga, selesai dipugar dan diresmikan

Gagahnya Masjid Wali Perkasa Purbalingga, Peninggalan Abad ke 15
Istimewa
Saka masjid Wali Perkasa Karangmoncol Purbalingga yang masih dipertahankan keasliannya (ist) 

TRIBUNJATENG COM, PURBALINGGA -- Masjid Wali Perkasa, Desa Pekiringan, Karangmoncol, salah satu masjid bersejarah di Purbalingga, selesai dipugar dan diresmikan, Kamis (7/3).

Meski dipugar dan nyaris dibongkar total, masjid ini masih mempertahankan unsur-unsur cagar budaya yang wajib dilindungi.

Sebagaimana diketahui, Masjid Wali Perkasa telah ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya melalui Surat Keputusan Bupati Purbalingga No 432/226 Tahun 2018.

Lebih rinci, bagian bangunan masjid sebagai cagar budaya yang harus dilindungi tersebut berupa 4 saka guru, umpak, blandar, sunduk, kili dan pengeret.

Panitia Pemugaran Masjid Wali Perkasa Pekiringan, Sayono menuturkan, masjid Wali Perkasa merupakan peninggalan Mahdum Wali Perkasa, tokoh penyebar agama islam di Purbalingga khususnya di wilayah Karangmoncol yang saat itu bernama Perdikan Cahyana sekitar abad-15 M.

Mahdum Wali Perkasa rupanya juga tokoh yang dikenal berkontribusi dalam pembangunan Masjid Agung Demak, untuk menegakkan dari yang tadinya doyong.

“Bisa kita lihat bagian saka gurunya masih utuh dan kita lindungi. Yang unik, salah satu sakanya ada yang terdapat huruf ibrani,” katanya.

Renovasi Masjid Wali Perkasa kali ini tergolong cukup besar. Panitia sebelumnya memulai proses renovasi sejak Februari 2016, dengan anggaran kurang lebih Rp 3,2 miliar. Dengan nilai tersebut, saat itu diprediksi pembangunan akan selesai selama 3 - 5 tahun.

“Tapi semua di luar dugaan, atas dukungan moril maupun doa seluruh masyarakat Pekiringan, masjid ini bisa terbangun selama 18 bulan,” katanya.

Ia mengucapkan terimakasih kepada donatur atas donasi yang terkumpul cukup banyak. Terhitung hingga 3 Maret 2019, sudah terkumpul Rp 2.674.802.600.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved