Faktor Penting Peluang Tumbuhnya Startups di Semarang Smart City

Perkembangan bisnis startup di Indonesia bisa dikatakan cukup pesat dan menggembirakan.

Faktor Penting Peluang Tumbuhnya Startups di Semarang Smart City
IST
Kampus Universitas Nasional Karangturi 

Oleh: Flemming Panggabean, MBA, Ph.D. (Candidate), Dosen Manajemen Universitas Nasional Karangturi

ISTILAH smart city atau kota cerdas adalah pengembangan kota berbasis tekonologi informasi. Dimana pengelolaan kota dan komunitas masyarakat yang ada di dalamnya, berkolaborasi dengan memanfaatkan informasi dan komunikasi sebagai fondasi untuk mencari solusi tepat, sesuai dengan persoalan yang dihadapi.

Semua ini ditujukan demi meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dengan memberikan kemudahan-kemudahan, khususnya dari segi tata kelola pemerintahan hingga pelayanan lainnya.

Konsep smart city sendiri banyak mendapat perhatian baik di kalangan akademisi maupun bagi para pemimpin berbagai negara di dunia yang berlomba lomba menjadikan kota-kota di negaranya menjadi lebih cerdas dan lebih optimal di dalam melayani masyarakat.

Misalnya saja kota Copenhagen Denmark, Amsterdam Belanda, Dubai, Tokyo Jepang, Singapura, Seoul Korea Selatan, Taipei Taiwan.

Perancangan konsep smart city di kota-kota besar ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas hidup orang-orang yang tinggal di dalam kota, mengingat kebutuhan manusia yang sudah tidak dapat dipisahkan lagi dengan pengetahuan yang penyebarannya sangat cepat dan mudah didapatkan di era digital berkat kehadiran internet.

Flemming Panggabean, MBA, Ph.D. (Candidate)
Dosen Manajemen Universitas Nasional Karangturi
Flemming Panggabean, MBA, Ph.D. (Candidate) Dosen Manajemen Universitas Nasional Karangturi (IST)

Kehadiran smart city ini juga merupakan sebagai bagian dari upaya memberikan kemudahan, ketepatan dan kepercayaan bagi warga masyarakat termasuk para pelaku usaha dalam memulai usaha startup.

Sebuah tesis seorang mahasiswa dari Universitas Hellbron Jerman, Victor Medina-Conessa mengungkapkan bahwa perkembangan minat untuk berwirausaha selaras dengan melesatnya teknologi digital yang ada di kota cerdas.

Sebagai contoh, Kota Cleveland pada tahun 2017 meluncurkan inisiatif $ 25 juta untuk memperbaiki lingkungannya dengan memanfaatkan investasi swasta untuk mencoba menarik startup teknologi.

Satu perusahaan yang langsung berminat memanfaatkan komitmen “Cleveland Smart City” yaitu perusahaan startup perangkat lunak inTouch. Perusahaan ini mengembangkan aplikasi ponsel cerdas yang menggunakan sensor kota pintar.

Halaman
1234
Penulis: Abduh Imanulhaq
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved