Tingkatkan Sektor Pariwisata, Wali Kota Semarang Hendi Siapkan Agro Wisata Perkotaan

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melakukan panen melon jenis bibit atau varitas unggul bernama "Melon basket" di Kawasan Agro Purwosari

Tingkatkan Sektor Pariwisata, Wali Kota Semarang Hendi Siapkan Agro Wisata Perkotaan
TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV
Hendi Panen "Melon Basket" di Agro Purwosari 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melakukan panen melon jenis bibit atau varitas unggul bernama "Melon basket" di Kawasan Agro Purwosari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Jumat (8/3/2019).

Dalam panen tersebut, Hendi, sapaan akrabnya, memberikan pesan kepada para petani di Kota Semarang agar kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usaha pertaniannya.

Dengan ide kreatifnya petani ini bisa mempunyai nilai tambah hasil penennya.

Melalui Dinas Pertanian Kota Semarang, petani bisa mengembangkan hasil taninya untuk diolah kembali dan mempertahankan lahan pertanian yang luasnya cukup terbatas di Kota Semarang.

"Nanti petani merasakan pada saat dipanen, dijual buah saja setelah diolah, harga jualnya lebih tinggi setelah diolah. Petaninya juga tidak boleh ada persoalan dengan pupuk. Bagaimana menjaga hasil panen, itu menjadi PR Dinas Pertanian kami," bebernya.

Selain mengembangkan hasil pertanian yang inovatif dan mempertahankan lahan pertanian, Hendi menambahkan, pihaknya juga ingin mengembangkan sektor Agro Wisata di Kota Semarang.

"Lewat kebun buah dan kebun bunga ini, Insyallah kami menuju ke arah sektor pertanian yang penuh inovasi tapi juga mempunyai manfaat yang besar untuk petani. Nantinya, juga sektor wisata juga kami kembangkan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, Rusdiana memberkan akan ada dua agro wisata baru di Kota Semarang yaitu Agro Wisata Wates dan Agro Wisata Pelalangan.

Saat ini, kedua obyek wisata tersebut masih dalam tahap penataan dan pengerjaan.

"Saya masih punya dua, Agro Wisata Wates dan Agro Pelalangan yang belum diluncurkan, tapi kami sudah mulai dengan obyek-obyeknya kami tata," bebernya.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved