Diskominfo dan Dinkop-UMKM Sosialisasikan Aplikasi 'Pati Smartcity' pada Pelaku UMKM Pati

Diskominfo Kabupaten Pati bersama Dinkop-UMKM menyelenggarakan kegiatan sosialisasi aplikasi Pati Smartcity bagi para pelaku UMKM, Sabtu (9/3/2019).

Diskominfo dan Dinkop-UMKM Sosialisasikan Aplikasi 'Pati Smartcity' pada Pelaku UMKM Pati
Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Pelaku UMKM Kabupaten Pati yang tergabung dalam Komunitas UMKM Pati (Kupat) berfoto bersama para pembicara dalam kegiatan Sosialisasi Aplikasi Pati Smartcity di Ruang Pragola Setda Pati, Sabtu (9/3/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, PATI – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati bersama Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop-UMKM) Kabupaten Pati menyelenggarakan kegiatan sosialisasi aplikasi Pati Smart city bagi para pelaku UMKM, Sabtu (9/3/2019).

Acara yang diselenggarakan di Ruang Pragola Setda Pati tersebut diikuti sekira 60 pelaku UMKM yang tergabung dalam Komunitas UMKM Pati (Kupat).

Acara tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan penggunaan aplikasi Pati Smart City bagi pengembangan UMKM di Kabupaten Pati.

Pati Smartcity adalah aplikasi berbasis android yang berfokus pada informasi dan pelayanan publik seputar Kabupaten Pati. Aplikasi tersebut dikembangkan PT. Indonesia Indicator bersama Diskominfo Kabupaten Pati.

Dalam hal ini, para anggota Kupat dibekali pengetahuan mengenai cara memanfaatkan fitur “Lapak” yang tersedia dalam aplikasi Pati Smartcity untuk mengembangkan usaha mereka.

Kepala Bidang UMKM Dinkopumkm Pati Iwan Trisno menyampaikan, pendayagunaan aplikasi Pati Smartcity merupakan satu upaya untuk menyukseskan misi kelima Bupati Pati Haryanto, yakni pemberdayaan UMKM dan pengusaha.

Iwan berharap, nantinya semua sector UMKM dan industri di Kabupaten Pati bisa terintegrasi dalam aplikasi tersebut.

“Dalam fitur ‘Lapak’ pada aplikasi Pati Smartcity, bukan hanya produk barang yang diakomodasi. Usaha jasa juga terakomodasi. Jadi, tukang batu, tukang kayu, sampai tukang cukur juga bisa memanfaatkan aplikasi ini,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Pati Indriyanto mengatakan bahwa pendayagunaan aplikasi Pati Smartcity dapat mempercepat langkah menuju “100 Smartcity”.

Untuk diketahui, gerakan menuju 100 Smartcity merupakan program untuk membimbing kabupaten/kota di Indonesia dalam menyusun masterplan smart city agar lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi demi meningkatkan pelayanan publik dan mengakselerasikan potensi daerah. Program tersebut merupakan inisiasi bersama antara Kominfo, Kemendagri, Kementerian PUPR, Bappenas, dan Kantor Staf Kepresidenan.

Halaman
12
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved