Ratusan Pelajar SMA/Sederajat Ikuti Lomba Baris-Berbaris dan Tata Upacara Bendera Tingkat Kab Pati

Jumlah mereka sekira 300 orang, berasal dari 15 sekolah yang terdiri atas SMA, SMK, dan MA dari berbagai daerah di Kabupaten Pati

Ratusan Pelajar SMA/Sederajat Ikuti Lomba Baris-Berbaris dan Tata Upacara Bendera Tingkat Kab Pati
Istimewa
Peserta Lomba Baris-Berbaris tingkat SMA/sederajat se-Kabupaten Pati di GOR Pesantenan Pati, Sabtu (9/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI – Ratusan orang berseragam putih abu-abu memadati Gelanggang Olah Raga (GOR) Pesantenan Pati dan halaman SMPN 8 Pati, Sabtu (9/3/2019) pagi hingga sore.

Mereka adalah para pelajar SMA/sederajat peserta lomba baris-berbaris dan lomba tata upacara bendera yang digelar oleh Bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pati.

Jumlah mereka sekira 300 orang, berasal dari 15 sekolah yang terdiri atas SMA, SMK, dan MA dari berbagai daerah di Kabupaten Pati.

Dalam lomba tersebut, setiap tim memeragakan tata cara upacara bendera lengkap, mulai dari menyiapkan barisan, menyanyikan Indonesia Raya, pengibaran bendera, sampai pada sambutan pembina upacara.

Sementara itu, dalam lomba baris-berbaris, peserta memperagakan semua gerakan dalam kegiatan baris-berbaris, mulai dari gerakan dasar, hadap kanan-hadap kiri, sampai pada membentuk formasi.

Juara lomba tersebut nantinya akan berlaga kembali dalam perlombaan yang sama di tingkat eks Karesidenan Pati.

Perlombaan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pati Sigit Hartoko.

”Selain mencari juara untuk dikirim ke perlombaan di jenjang yang lebih tinggi, lomba ini juga bertujuan untuk memupuk karakter para pelajar. Selain itu juga menggembleng kedisiplinan, kekompakan, dan rasa tanggung jawab para pelajar," ungkap Sigit.

Dengan adanya perlombaan ini, lanjut Sigit, rasa nasionalisme pelajar akan terpupuk melalui lomba tata upacara bendera.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved