Bencana Alam Berpotensi Ganggu Pemilu, KPU Banjarnegara Siapkan MoU bersama BPBD untuk Antisipasi

Nasib sama dialami TPS di Dusun Sidakarya Desa Mlaya Kecamatan Punggelan. TPS di wilayah ini pun mengalami kerusakan karena tanah gerak

Bencana Alam Berpotensi Ganggu Pemilu, KPU Banjarnegara Siapkan MoU bersama BPBD untuk Antisipasi
Tribun Jateng/Khoirul Muzaki
Para siswa melintasi titik longsor di jalan desa Prendengan-Sijeruk beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Musim penghujan mengiringi Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Bencana hidrometeorologi semisal banjir, longsor hingga angin kencang pun mengancam.

Bencana bukan hanya berpotensi mengganggu mobilitas masyarakat maupun roda pemerintahan. Tahapan penyelenggaraan Pemilu pun bisa terganggu karena bencana alam.
Padahal, Pemilu jadi sarana penting untuk menentukan pemimpin masa depan.

Ancaman itu pastinya lebih nyata di daerah rawan bencana, semisal Kabupaten Banjarnegara. Sebagian besar wilayah kabupaten ini dinyatakan rawan longsor. Peristiwa pergerakan tanah sudah jadi kabar lumrah selama musim penghujan.

Tahapan Pemilu pun terancam terganggu. KPU selalu membutuhkan tempat untuk melaksanakan pencoblosan dan penghitungan suara. KPU memudahkan akses pemilih dengan menenpatkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di masing-masing dusun atau RW.

TPS biasa menempati bangunan rumah warga hingga fasilitas umum dengan difasilitasi KPU. Masalahnya, bagaimana jika tanah tempat berdiri TPS mengalami pergerakan sebelum atau saat pemungutan berlangsung.

Jika peristiwa itu terjadi jauh hari sebelum Pemilu, KPU punya waktu banyak untuk mengantisipasi dan melakukan penanganan. Seperti terjadi di grumbul Kalientok desa Kebutuhjurang Kecamatan Pagedongan.

Sebuah TPS terpaksa direlokasi ke RT lain dusun itu lantaran terdampak pergerakan. Bangunan mengalami kerusakan hingga terpaksa dihancurkan untuk mengurangi risiko bencana.

Nasib sama dialami TPS di Dusun Sidakarya Desa Mlaya Kecamatan Punggelan. TPS di wilayah ini pun mengalami kerusakan karena tanah gerak.

Tetapi TPS itu belum sampai direlokasi karena tingkat kerusakan belum begitu parah. Meskipun begitu, KPU telah merekomendasikan untuk persiapan TPS alternatif karena TPS utama berstatus terancam.

"Yang TPS Kalientok Kebutuhjurang direlokasi ke RT lain, untuk di Sidakarya Desa Mlaya tetap perlu dicarikan TPS alternatif,"kata Anggota KPU Banjarnegara Syarif SW

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved