Kepala Divisi Keimigrasian Kemenkumham Jateng: Hingga Maret 2019, 37 WNA di Jateng Dideportasi

ebanyak 37 warga negara asing (WNA) di Jawa Tengah dideportasi selama 2019 hingga awal Maret.

Kepala Divisi Keimigrasian Kemenkumham Jateng: Hingga Maret 2019, 37 WNA di Jateng Dideportasi
TRIBUN JATENG/JAMAL A NASHR
Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jateng, Ramli HS 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Jamal A Nashr

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebanyak 37 warga negara asing (WNA) di Jawa Tengah dideportasi selama 2019 hingga awal Maret.

Mereka dikembalikan ke negara asalnya karena melakukan pelanggaran peraturan keimigrasian.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jateng, Ramli HS menyebutkan, di tahun 2018 lalu melakukan penegakan hukum kepada 206 WNA. Dari jumlah itu 197 orang dideportasi karena melakukan pelanggaran administrasi keimigrasian dan projustisia 9 orang.

"Ini bentuk konsistensi aparat imigrasi dalam hal melakukan pengawasan terhadap keberadaan dan aktivitas warga negara asing di wilayah Jateng," kata Ramli, Senin (11/3/2019).

Paling baru, tiga warga negara Iran dideportasi oleh Kantor Imigrasi Cilacap. Ketiganya merupakan pemain bola profesional yang mengantongi izin tinggal tidak sesuai.

"Kita lakukan pembinaan dan pendeportasian. Kalau memang tetap mereka akan dipakai untuk sebagai pekerja atau pemain bola profesional silakan tempuh perizinan yang sesuai dengan maksud dan keberadaannya," ucapnya.

Ia menyebutkan, dari 37 WNA yang dideportasi tahun ini mayoritas melakukan pelanggaran menyalahgunakan izin tinggal. Selain itu, sejumlah WNA juga ditemukan melebihi batas waktu izin tinggal di Indonesia.

"Dan juga pada saat kita lakukan pemeriksaan di lapangan, mereka tidak bisa menunjukkan identitas dirinya. Itu yang kita lakukan tindakan dan juga memberikan pemahaman terhadap WNA maupun sponsor agar mereka bertanggungjawab," ucapnya.

Hingga Maret ini, Iran menjadi negara penyumbang terbanyak WNA yang dipulangkan sebanyak tiga orang. Disusul di tempat kedua Belgia degan dua orang.(*)

Penulis: Jamal A. Nashr
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved